Edisi 31-05-2016
Dr Terawan Pimpin Organisasi Dokter Militer Dunia


Brigjen Dr Terawan Agus Putranto SpR (K)RI selaku Chairman ICMM (International Committee on Military Medicine) menghadiri Konferensi Regional ICMM Pan European ke-4 di Ecole val de Grace, Paris, Prancis.

Konferensi berlangsung pada Selasa–Jumat (24–27/5) lalu dengan mengambil tema “Towards the Better World, the ICMM Role in Enhancing Human Quality of Life”. Konferensi ini dihadiri hampir seluruh negara Eropa serta beberapa negara di Afrika dan Asia.

Dr Terawan yang juga Kepala Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto menyampaikan keynote lecture dalam mengantarkan sesi ilmiah konferensi. ICMM adalah organisasi perhimpunan kedokteran militer dunia yang berpusat di Brussel, Belgia, yang memiliki keanggotaan 114 negara.

“Tema ini merupakan refleksi dari tujuan organisasi perhimpunan kedokteran militer dunia untuk ikut andil dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dunia,” kata Dr Terawan. Sejak diselenggarakan Kongres Dunia di Bali pada 2015, Indonesia telah terpilih sebagai ketua organisasi perhimpunan kedokteran militer internasional.

Konferensi regional dilaksanakan di enam regional dunia. Selaku ketua ICMM dunia, Dr Terawan akan menghadiri berbagai konferensi regional dan menyampaikan keynote lecture. Adapun konferensi regional berikutnya, yaitu Konferensi ICMM regional Asia Pasifik yang akan berlangsung pada Agustus 2016 di St Petersburg, Rusia. Di sana Dr Terawan direncanakan menyampaikan pengarahan dalam bentuk keynote lecture.

iman firmansyah