Edisi 31-05-2016
Duel Operator di Streaming Musik


Aplikasi streaming musik jadi sangat dinikmati mereka yang aktif mengonsumsi internet. Terutama operator yang aktif menciptakan layanan streaming untuk mengutilisasi jaringan 4G LTE.

Jika beberapa waktu lalu Indosat menggandeng Spotify dan Telkomsel menciptakan aplikasinya sendiri yang bernama LangitMusik, kini ada XL Axiata yang menggandeng Yonder. Persaingan sebenarnya terletak tidak sekadar pada aplikasi music streaming saja, tetapi menjadi cara bagi operator untuk menghadirkan layanan lengkap dan memperoleh benefit. Yakni profit dari pengguna bagi perusahaan.

“Seiring dengan upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan internet cepat 4G LTE, XL kini menghadirkan layanan musik Yonder. Selain video, musik adalah konten yang paling sering di akses pelanggan XL melalui smartphone mereka. Oleh karena itu setelah sebelumnya kami meluncurkan layanan streaming video Tribe, kini kami hadirkan dengan layanan musik streaming Yonder,” jelas Dian Siswarini, Presiden Direktur XL.

Chief Brand and Customer Experience Officer XL Nicanor V. Santiago menilai bahwa layanan 4G LTE saat ini memang sangat pas untuk ditanamkan layanan-layanan streaming atau on demand. Alasannya karena memiliki kecepatan akses internet yang lebih baik lebih baik meski diakui belum merata seperti 2G dan 3G.

Oleh sebab itu saat ini jaringan 4G LTE menjadi wadah dan momen yang baik untuk menghadirkan layanan digital kepada para pengguna. Selain dipandang sebagai cara para operator untuk berduel di layanan digital, kemitraan aplikasi music streaming yang khususnya berasal dari luar negeri bisa dikatakan sebagai jalan untuk memuluskan layanan luar memiliki basis di Indonesia.

Seperti yang diatur dalam regulasi badan usaha tetap (BUT) bagi para perusahaan penyedia layanan digital asing di Indonesia. Oleh sebab itu dalam model bisnisnya mereka bergabung dengan operator telekomunikasi di mana operator telekomunikasi akan menyediakan akses penuh kelas premium bagi pengguna atas layanan music streaming selama berlanggan paket layanan data tertentu. Jadi kuota data internet pengguna tidak akan tersedot lagi.

cahyandaru kuncorojati