Edisi 31-05-2016
Film 1 Cinta Di Bira Pamerkan Wisata Sulawesi


Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal dan melihat keindahan alam Indonesia. Banyak tempat menarik yang pesonanya tidak kalah dengan luar negeri. Lewat film 1 Cinta di Bira, rumah produksi MNC Pictures memamerkan keindahan Tanjung Bira, Sulawesi Selatan.

Film 1 Cinta di Bira mengisahkan Iqbal yang diperankan Fauzan Nasrul yang sudah enam tahun tidak pulang ke Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dia lebih memilih berkarier di Jakarta dibandingkan melanjutkan usaha kapal pinisi milik keluarganya. Namun, kabar meninggalnya sang ayah membuat Iqbal terpaksa pulang ke Bira.

Dia diamanatkan untuk melanjutkan usaha kapal pinisi tersebut. Di sini dimulai penggambaran keindahan Tanjung Bira. Penonton diajak menikmati indahnya pantai dan laut yang masih alami. Digambarkan pula Iqbal yang trauma pernah tenggelam di laut Bira semasa kecil, kembali tergelincir dan tercebur ke dalam laut setelah mengunjungi tempat usaha ayahnya. Ketika siuman, Iqbal melihat perempuan cantik tersenyum kepadanya.

Dia berpikir perempuan tersebut adalah sang “penjaga laut” yang dulu pernah menolongnya. Kisah romantis yang dibalut dengan keindahan alam Indonesia ini menjadi bukti nyata MNC Pictures berkomitmen mendukung perkembangan budaya dan keindahan alam yang dimiliki Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

“MNC Pictures berupaya mengembangkan potensi wisata dan budaya Indonesia lewat produksi film yang mengangkat local content . Lewat film, kami bisa menunjukkan indahnya alam Indonesia. Kita tidak perlu syuting ke luar negeri untuk mendapatkan view bagus karena alam Indonesia jauh lebih indah,” kata Executive Producer MNC Pictures Affandi Abdul Rachman.

Film 1 Cinta di Bira pertama kali diperkenalkan kepada publik pada Selasa (3/5) di Sulawesi dan tayang terbatas di bioskop Sulawesi dan Kalimantan mulai Kamis (26/5). Namun, antusiasme masyarakat untuk menyaksikan film ini begitu tinggi, utamanya di media sosial. MNC Pictures pun mengumumkan penayangan film ini diperluas hingga ke Jawa, di seluruh bioskop di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi mulai Kamis (26/5).

Menandai penayangan film ini, di Jakarta digelar acara nonton bareng di Blitz Cyber Park, Bekasi, Sabtu (28/5) dan XXI Blok M Square, Minggu (29/5). Penonton yang mayoritas remaja perempuan ini begitu antusias menonton film 1 Cinta di Bira. Hasilnya, Fauzan Nasrul yang menjadi pemeran utama film ini pun diserbu penonton yang baru saja menyaksikan film drama tersebut.

Fauzan mengaku tidak menyangka filmnya mendapat sambutan hangat masyarakat. “Perjuangan sekali membuat film ini. Proses produksinya mengambil lokasi di pulau yang indah di daerah Sulawesi, lima jam dari Makassar. Saya juga baru tahu ada pulau yang indah bernama Bira. Selama ini yang saya tahu hanya Losari,” kata Fauzan.

Aktor yang memulai debut bermain di film Hattrick (2012) ini menilai keindahan alam Indonesia boleh diadu dengan pantai di luar negeri. Artinya, alam Indonesia tidak kalah menarik dengan negara lain. Pasalnya, selama ini banyak orang menganggap luar negeri sebagai tempat paling menarik untuk berwisata.

“Indonesia itu enggak kalah bagus. Banyak tempat yang indah. Hanya, masih kurang perhatian dari pemerintah atas potensi kekayaan yang dimiliki sehingga membuat wisatawan yang berkunjung kesulitan datang ke lokasi karena terkendala infrastruktur,” bebernya.

Thomasmanggalla