Edisi 12-06-2016
FoldiMate Dapat Melipat dan Merapikan Baju dalam 40 Detik


Melipat dan menyetrika baju sering menjadi mimpi buruk bagi banyak keluarga. Apalagi jika anggota keluarga sangat banyak, sehingga pekerjaan ini pun memakan banyak waktu dan menjenuhkan.

Banyak keluarga pun menyerahkan tugas melipat dan menyetrika baju pada layanan binatu yang saat ini sudah meluas hingga ke pelosok. Dengan munculnya peralatan seharga USD850 (Rp11,5 juta) ini, mungkin akan mengakhiri kegiatan menjenuhkan tersebut. Pengguna cukup memasang baju di mesin. Dan dalam waktu kurang dari semenit, baju yang telah rapi disetrika pun muncul.

Perusahaan asal San Francisco yang memproduksi mesin canggih ini menyebut peralatan itu dengan nama FoldiMate. FoldiMate yang memakai slogan ”Teman Anda Melipat Pakaian” itu menggunakan ban berjalan, beberapa lengan robot dan rak yang dapat diatur untuk melipat pakaian dalam waktu cepat. ”FoldiMate merupakan mesin melipat pakaian menggunakan robot, satu-satunya cara yang diketahuinya ialah melipat seperti ahlinya.

Setiap saat,” demikian penjelasan perusahaan pembuatnya di website FoldiMate, dikutip Daily Mail . ”FoldiMate Family, pelipat baju robot yang menargetkan rumah tangga, akan menjadi peralatan yang harus dimiliki setiap keluarga di penjuru dunia,” papar pernyataan FoldiMate. Dengan tinggi 32 inci dan lebar 28 inci, mesin ini dapat diletakkan di ruangan mencuci dan dapat dengan mudah dipindahkan ke ruangan lainnya.

Apalagi, bobot mesin ini hanya 65 pound. Peralatan ini juga didesain untuk dapat diletakkan di atas mesin cuci, mesin pengering atau meja yang kuat. Perusahaan itu juga menawarkan meja dengan roda sehingga pengguna dapat dengan mudah memindahkannya ke mana pun. Pengguna dapat dengan mudah memasang pakaian yang baru keluar dari mesin cuci, ke rak terintegrasi yang berada di luar FoldiMate.

Kemudian, menggunakan tombol-tombol yang ada, pengguna dapat menyesuaikan dengan jenis pakaiannya apakah itu kaos, kemeja, atau celana. FoldiMate akan secara otomatis mengetahui ukuran pakaian, ketebalan kain dan apakah baju itu lengan pendek atau lengan panjang. Mesin di dalamnya akan bekerja sesuai karakter pakaian yang masuk ke dalamnya.

Tidak hanya melipat, mesin ini juga akan mengurangi keriput di pakaian karena FoldiMate dilengkapi juga dengan uap yang berfungsi seperti setrika. FoldiMate hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk melipat semua jenis pakaian dan tambahan 20 hingga 30 detik untuk menyemprotkan uap panas.

Dengan demikian, total waktu yang dibutuhkan hanya 30-40 detik. Rak di mesin itu dapat menyimpan sekitar 15 hingga 20 pakaian sekaligus. Meski demikian, mesin ini tak dapat menangani semua yang ada di keranjang cucian Anda. Anda tetap harus menangani sendiri handuk, pakaian dalam, dan kaos kaki.

ananda nararya