Edisi 14-06-2016
Gadis Bali Selama 5 Tahun Jadi Budak Seks Oknum Polisi


DENPASAR – Seorang anggota Polres Klungkung, Bali, KA, 55, dilaporkan ke korpsnya atas kejahatan seksual kepada anak di bawah umur.

Tragisnya, korban berinisial BW, 17, selama kurang lebih lima tahun dijadikan budak nafsu seks pelaku. ”Selama itu, korban selalu diancam dibunuh hingga foto bugilnya akan disebarkan,” kata Siti Sapurah, kuasa hukum korban, saat melapor di Polda Bali kemarin. Dia menuturkan, kekerasan seksual itu dialami korban sejak berusia 12 tahun.

Saat itu BW baru saja tamat sekolah dasar (SD) di Karangasem, Bali, dan tidak memiliki biaya melanjutkan sekolah ke bangku SMP. Dia pun lalu bekerja di toko milik pelaku di Klungkung. Awalnya tak sedikit pun terlintas dalam pikiran BW akan mengalami hal itu mengingat pelaku memiliki istri. Kejadian pilu itu bermula saat BW diminta memijat pelaku di toko.

Saat itulah, pelaku mengancam akan membunuh korban jika tidak menuruti kemauannya. Korban lalu disuruh membuka baju dan kemudian disetubuhinya. Kekerasan seksual itu terus terulang saat pelaku dan korban hanya berdua di toko. Pelaku juga beberapa kali mencabuli korban di hotel dan di dalam mobil.

Tak tahan menerima perlakuan itu, korban akhirnya berhenti bekerja di toko pelaku pada 2013 lalu. Namun, hal tersebut tidak membuat pelaku berhenti memaksa korban untuk melayani nafsunya dengan serangkaian ancaman. Menurut Sapurah, kasus itu terbongkar setelah warga sempat digegerkan oleh foto bugil korban yang beredar di media sosial. ”Dari situ kami mengetahui, dan lalu memberikan advokasi kepada korban,” ujar aktivis Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Denpasar ini.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Bali Kombes Heri Wiyanto mengaku telah menerima laporan tersebut. Dari hasil penyelidikan internal, pelaku diketahui sebagai anggota Polres Klungkung berpangkat aiptu. Heri menegaskan, kasus ini akan diproses sesuai hukum yang ada. ”Jika terbukti, kami akankenakanUndang-Undang Perlindungan Anak,” katanya.

miftahul chusna

Berita Lainnya...