Edisi 30-06-2016
Wom Finance Bantu Pemuda Tekuni Batik


YOGYAKARTA – PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (Wom Finance) bersama Titian Foundation bekerja sama membantu anak-anak muda di Paseban, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, dalam mengembangkan usaha di bidang batik, keramik, dan kain tenun.

Mereka mendapatkan bantuan berupa dana segar dan pelatihan mendukung pemasaran produk ke ranah global. Direktur WOM Finance, Zacharia Susantadiredja mengungkapkan, program bantuan untuk anak-anak muda yang sebelumnya mendapatkan beasiswa pendidikan dari Titian Foundation.

Anak-anak muda yang berhasil mengembangkan usaha akan membuka peluang keterlibatan masyarakat sekitar. “Itu tidak langsung memberdayakan mereka secara ekonomi,” katanya dalam temu media di Yogyakarta, kemarin.

Menurut dia, generasi muda di Bayat memiliki potensi luar biasa dalam mengembangkan usaha batik, keramik, dan kain tenun. “Yang menjadi kendala saat ini adalah pemasaran dan kami ingin membantu dalam hal yang sebenarnya sangat penting ini,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, Wom Finance sudah memberikan dana inisiasi Rp50 juta untuk tiga kelompok yang ada di Paseban, Bayat tersebut.

Dalam beberapa waktu ke depan, akan diadakan juga program berkesinambungan, yakni pelatihan pemasaran produk dan strategi modal. Menurut dia, WOM beranggapan komunitas-komunitas ini bisa berkembang lebih besar kalau mengerti betul strateginya.

Kepala Operasional Titian Foundation Ariyanto mengatakan, organisasi yang didirikan sejak 2006 merupakan organisasi sukarela yang dikelola profesional.

“Fokusnya membantu masyarakat yang kurang mampu melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan,” kata dia.

ridwan anshori

Berita Lainnya...