Edisi 30-06-2016
BPJS Beri Layanan Mudah ke Pemudik


KUDUS - Mulai H-7 sampai H+7 Lebaran, BPJS memberikan layanan yang mudah dan cepat bagi para pemudik. Hal ini merupakan bentuk pelayanan yang prima dari BPJS untuk mendukung kelancaran pada arus mudik Lebaran.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan KCU Kudus Agus Purwono mengatakan, program layanan cepat dan mudah ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian BPJS kepada masyarakat yang sakit selama arus mudik. Apalagi, selama arus mudik ataupun mudik Lebaran, risiko terkena penyakit cukup besar.

“Program ini merupakan program pemerintah pusat untuk memberi kemudahan para peserta BPJS yang sedang melakukan perjalanan mudik ataupun yang sudah sampai di tempat tujuan. Jadi, jika di waktu reguler para peserta harus mengikuti prosedur yang agak panjang, di program ini peserta BPJS tinggal menggunakan kartu JKN-KIS BPJS Kesehatan saja,” katanya di Kantor BPJS KCU Kudus kemarin. Agus mengimbau peserta BPJS untuk selalu membawa kartu JKN-KIS (KIS, BPJS Kesehatan, Askes, KJS, dan Jamkesmas) ke mana pun mereka pergi. Agar ketika ada musibah sakit, bisa segera ditangani di rumah sakit terdekat.

“Tetapi para peserta BPJS harus dalam keadaan aktif untuk menerima layanan tersebut. Sehingga bagi para peserta BPJS untuk segera mengecek keaktifannya di website BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan. go.id ,” ucapnya. Selain itu, BPJS KCU Kudus juga bekerja sama dengan semua rumah sakit di Kudus untuk melayani para peserta BPJS ini selama 24 jam. Rumah sakit tersebut antara lain RSUD dr Loekmono Hadi, RS Mardi Rahayu, RSI Sunan Kudus, RS Aisyiyah, RSU Nurussyifa, RS Kartika Husada, RSU Kumala Siwi Mijen. “Bentuk kerja samanya adalah memberikan pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan UGD non emergency dan tidak menarik biaya pelayanan kesehatan,” kata Agus.

Kantor BPJS KCU kudus juga sudah menyiapkan tim untuk piket di semua kantor cabang BPJS Kudus. Sehingga jika ada masyarakat yang butuh pelayan bisa segera ditangani. “Jadwalnya sudah dibikin, tinggal melaksanakan saja,” ucapnya. Direktur RSUD Loekmono Hadi Abdul Aziz Achyar menambahkan, RSUD Kudus akan menjamin ketersediaan tempat bagi para pasien yang ingin rawat inap maupun periksa. Bahkan untuk warga Kudus di luar BPJS, pengobatannya tetap gratis karena sudah dapat subsidi dari Pemkab Kudus.

“Program ini merupakan langkah yang bagus dari pemerintah untuk memberi kenyamanan para peserta BPJS yang melakukan mudik. Sehingga, warga yang mudik tidak perlu bingung lagi ketika terkena penyakit selama arus mudik,” tandas Aziz.

LSN

Berita Lainnya...