Edisi 30-06-2016
Jelang Lebaran, Toko Emas Ramai Pembeli


KUDUS - Kenaikan harga emas sebesar 12,5% tidak membuat sepi penjualan logam mulia itu. Mendekati Lebaran, penjualan emas di Kudus justru meningkat.

Teguh, pemilik salah satu toko emas di Jalan Sunan Kudus, mengungkapkan harga jual emas berkadar 75 karat kenaikannya mencapai 12,5, sedangkan berkadar 40 karat kenaikannya sekitar 8,69%. “Harga jual emas perhiasan yang berkadar 75 karat saat ini Rp450.000 per gram atau naik 12,5%, sebelumnya hanya Rp400.000 per gram. Sedangkan berkadar 40% saat ini naik jadi Rp250.000 per gram dibandingkan dengan sebelumnya yang hanya dijual Rp230.000 per gram,” ucap Teguh kemarin.

Kenaikan harga jual emas belum lama terjadi, tapi masyarakat masih tetap membeli emas perhiasan untuk keperluan Lebaran. Harga jual perhiasan tidak selalu berdasarkan harga jual emas terbaru. Karena untuk jenis perhiasan tertentu yang desainnya cukup bagus dan sulit, tentu bisa lebih mahal. Sehingga harga jual emas perhiasan juga tergantung dengan modelnya, semakin bagus, semakin mahal. “Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setiap mendekati Lebaran memang terjadi lonjakan permintaan perhiasan,” ucapnya. Biasanya setiap ada kenaikan harga jual emas berpengaruh terhadap jumlah pembeli tetapi saat ini justru mulai terlihat ramai. Pembeli emas, Rahmawati menilai peningkatan pembelian emas itu juga bisa sebagai investasi.

“Hargaemaskan mesti naik terus. Jadi anggap saja sepertimenabung,” ucapnya. Meski kondisinya ramai pembeli, mereka tetap merasakan keamanan dan kenyamanan karena penjagaan aparat Polres Kudus. Sedikitnya tiga orang petugas berpakaian preman duduk dan seorang berseragam melakukan patroli jalan kaki.

MSH



Berita Lainnya...