Edisi 30-06-2016
Proyek LPJU High Mast Telan Anggaran Rp1,25 Miliar


KUDUS - Pemkab Kudus terus berupaya memoles wajah kota, terlebih di kawasan strategis dengan beragam fungsi. Salah satu upaya tersebut dengan memasang lampu penerangan jalan umum (LPJU) high mast .

LPJU dengan kapasitas jumbo dan memiliki banyak fungsi ini dipasang di lima titik strategis, yakni perempatan pusat keramaian Matahari Kudus Plaza, dekat kelenteng perempatan Jalan A Yani, kawasan Sempalan, Perlimaan Tanjungkarang, dan Taman Wergu Wetan, Kudus. Masing-masing LPJU high mast beserta biaya pemasangannya menelan anggaran Rp250 juta. Praktis jika ditotal anggaran yang digelontorkan mencapai Rp1,25 miliar. Kepala Dinas Binamarga, Pengairan dan ESDM Kabupaten Kudus Samani Intakoris mengatakan, LPJU high mast dipasang dengan tiang setinggi 20 meter.

Satu tiang high mast terpasang tujuh unit lampu, yang masing-masing lampu berkekuatan 1.000 watt. Daya jangkau lampu bisa menerangi hingga radius 100 meter. “Jadi hampir mirip lampu stadion sepak bola,” ujarnya kemarin. Menurut Samani, LPJU high mast memiliki beragam fungsi. Selain sebagai lampu penerang, juga untuk mempercantik wajah kawasan sekitar pemasangan high mast . Fasilitas ini juga bisa meminimalisasi tindakan tak terpuji atau bahkan tindak kriminal di kawasan tersebut, terlebih saat malam hari.

“Makanya kita pasang di titik-titik keramaian atau public area . Semisal orang mau berbuat mesum di taman kota juga sungkan karena pancaran lampunya sangat terang sekali,” katanya. Samani menargetkan pemasangan LPJU high mast ini sudah rampung dalam beberapa hari mendatang. Pihaknya berharap fasilitas itu juga kian menambah semarak malam saat libur panjang Lebaran.

“Targetnya sebelum Lebaran, high mast ini sudah menyala semua,” ucapnya. Salah seorang warga Wergu Wetan, Ahmadun berharap lampu yang dipasang dalam high mast berwarna-warni. Tujuannya agar nyala lampu tidak monoton dan benar-benar mempercantik wajah Taman Wergu Wetan. “Kalau bisa seperti itu. High mast ada tujuh lampu, salah satu atau maksimal dua bisa dipasang lampu warna merah atau hijau. Sepertinya bagus kalau nyala lampunya warnawarni,” tandasnya.

Muhammad oliez

Berita Lainnya...