Edisi 30-06-2016
BPJS Kesehatan Permudah Layanan untuk Pemudik


BANDUNG– Untuk memudahkan pelayanan kesehatan bagi pemudik, Badan Pe nye lenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ke se hatan menghapus per syarat an rujukan yang semula wajib di - penuhi saat peserta membutuhkan pertolongan rumah sakit atau klinik utama.

Pemberlakuan kemudahan pro se - dur ini ditetapkan selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2016 mulai H- 7 hingga H+7. Dengan prosuder khusus ini, para peserta BPJS yang tengah mu - dik diimbau untuk membawa Kartu JKN, BPJS Kesehatan, Askes, Kartu Ja - karta Sehat (KJS), dan Jamkesmas. “Terminologi pemudik itu artinya kepindahan orang da lam jumlah besar dari tempat tinggal asal ke daerah lain.” “Un tuk memudahkan la yan - an kese hat an, BPJS siap mela - yani pe mu dik dari kota lain yang ber obat ke IGD atau non0IGD di Kota Bandung tanpa rujukan dari fasilitas kesehatan asal.”

“Namun hal ini hanya ber laku selama 14 hari, yakni 7 hari sebelum dan sesudah Lebaran,” ujar Kepala BPJS KCU Kota Ban - dung Herman Dinata, kemarin. Dia mengemukakan pro - gram layanan bagi para pemu dik ini mengacu kepada Perpres No - mor 19/2016 tentang pe la yan an medis dasar. Meski mem berikan kemudahan, BPJS Kesehatan tetap menerapkan fasilitas ini hanya untuk peserta aktif. Kare - na itu, BPJS Ke se hat an meminta para pemudik un tuk membayar dulu iuran se belum tanggal 10 setiap bulan.

Menurut dia, kondisi ke ga - wat daruratan yang dihadapi pasien pemudik biasanya tak luput dari pola makan dan cuaca selama dalam per ja lanan. Hal krusial lain yang perlu dianti si - pasi, yakni mening kat nya kasus kecelakaan lalu lintas. Untuk mengatasi hal tersebut, setiap RS dan klinik yang sudah be kerja sama dengan BPJS Ke se hatan telah menyatakan siaga selama 24 jam. “Sebanyak 31 RS dan klinik siap me la yani,” ujar dia. “Untuk me ngecek iuran pe - serta dapat di la kukan melalui www.bpjs-kese hatan.go.iddi me - nu cek iuran peserta dapat dila - kukan secaramobile. Sedang kan untuk daftar fasilitas kesehatan dan hotline service dapat dilihat di website BPJS kese hatan,” tutur Herman.

Selama peserta BPJS Ke se - hat an mengikuti prosedur dan ketentuan, segala tindakan me - dis yang diperoleh berdasarkan indikasi medis jelas menurut hasil pemeriksaan dokter, fa si - litas kesehatan (klinik dan ru - mah sakit) tidak diper ke nan - kan menarik biaya dari peserta BPJS Kesehatan. Sementara itu Kepala Dinas Kota Bandung Ahyani Rak sa na - gara mengemukakan, secara umum pihaknya telah ber koor - dinasi dengan seluruh RS untuk siaga melayani masyarakat se - lama musim lebaran. Terdapat enam puskesmas yang buka 24 jam selama Lebaran, 6-7 Juli 2016. Keenam fasilitas ke se hat - an itu antara lain, Puskemas Kopo, Garuda, Puter, Padasuka, Ibrahim Adjie, Pagarsih, dan Klinik Pratama Amalia Gede - bage.

“Tak hanya peserta BPJS Ke sehatan, Dinkes juga siap mem berikan layanan ke se hatan bagi masyarakat secara umum di jalur mu dik,” kata Ahyani. Kadinkes menyatakan, se - lama masa mudik Lebaran pi - hak nya menyiagakan posko kesehatan di jalan tol, dan ruasruas jalur mudik. Sementara di H+2 Lebaran, tim kesehatan akan berkonsentrasi di be be - rapa pusat keramaian dan tem - pat wisata di Kota Bandung. “Untuk pe mudik kami siaga di Bandara Husein Sastra ne gara, Terminal Leuwipanjang, Cica - heum dan di jalan tol. Pada H+2 Lebaran, kami bekerja secara massif di berbagai ruang terbuka seperti Taman Alun-alun, Ta - man Film, Ta man Lalu Lintas, Kebun Bi natang dan sentra kera - maian lain,” tandas Kadinkes.

Kesiapsiagaan serupa juga dilakukan BPJS Ke se hat an Ca - bang Soreang Kabu pa ten Ban - dung dan Kota Cimahi yang mem - permudah pelayan an kepada pe - mudik selama 14 hari arus mudik dan balik Idul Fitri 2016 ber - langsung. Para pe serta BPJS Kese - hatan dilayani di fasilitas kese - hatan kota mana pun asalkan membawa kartu seperti Jaminan Kesehatan Na sional-Kartu Indo - nesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Ke - se hatan, Askes, dan Jam kesmas.

“Kami memberikan kemu - dah an dalam prosedur pela yan - an, tidak berbelit-belit. Intinya mempermudah ak ses pelayan - an ke fasilitas ke se hatan selama 14 hari dari H-7 hingga H+7 Lebaran,” kata Kepala BPJS Ke - se hat an Cabang Soreang Jaya - di dalam jumpa pers “Mudik Nyaman Selama di Kampung Ha laman Bersama BPJS Ke se - hatan” di kantornya, Jalan So - reang-Banjaran, Kabupaten Ban dung kemarin. Di Kabupaten Bandung, ujar dia, terdapat tujuh rumah sakit yang siaga, yakni RS AMC Ci - leunyi, Cicalengka, Lanud Su lai - man, Soreang, Al Ihsan Bale en - dah, dan Bina Sehat Dayeuh - kolot.

Fasilitas kesehatan ter se - but tidak boleh menarik biaya selama sesuai dengan kelas dan fasilitas yang didaftarkan. Kepala Dinas Kesehatan (Din kes) Kabupaten Bandung dr Achmad Kustijadi menga ta kan, pelayanan kesehatan se lama arus mudik sejak H-7 hing ga H+7 Lebaran 2016, pihaknya me - nyiap kan sejumlah posko kese - hatan di Nagreg, Pos Ta ngan, Puskesmas Nagreg, dan Cijapati. Selain itu, ada posko yang ber - operasi selama 24 jam penuh. Sementara itu, Dinkes Ka - bu paten Tasikmalaya menyia - ga kan 680 tenaga medis untuk bersiaga di sejumlah posko kesehatan di jalur mudik.

Selain itu Dinkes pun menyiagakan 42 tenaga medis untuk meng ha - dapi kemungkinan terjadi ke ja - dian luar biasa (KLB) yang tidak bisa diprediksi. Ke-680 tenaga medis siaga di jalur mudik tersebut terdiri atas 400 perawat, 80 dokter, 16 apo - teker, dan 200 bidan. Se dang - kan 42 tenaga medis lainnya siaga di puskesmas masing-ma - sing dan akan bergerak saling membantu jika dibutuhkan.

Dini budiman/ yugi prasetyo/ nanang kuswara

Berita Lainnya...