Edisi 30-06-2016
BUMD KBB Targetkan 4.000 Sambungan Rumah


BANDUNG BARAT - PT Perdana Multi Guna Sarana (PMgs) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bandung Barat berencana membangun jaringan air ber sih untuk permukiman warga.

Rencana tersebut ditar - get kan bisa terlaksana pada per tengahan 2018. Direktur Utama PMgs BUMD KBB Edi Mukhlas menga takan pihaknya saat ini sedang mengajukan kepada Ke menterian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mem bangun pengolahan sistem air baku di KBB. Saat ini pro ses persiapan untuk itu masih dalam tahapan pem - buat an DED (Detail Engine er - ing Design). “Saat ini masih harus merevisi beberapa point DED-nya yang sudah dibuat Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang. Jadi jika ajuan ini bisa diterima maka pembiaayaan ditanggung kementerian dan kami hanya melaksanakannya saja,” kata Edi kemarin.

Edi melanjutkan proyek yang dianggarankan sebesar Rp 280 miliar ini kedepannya akan diperuntukkan juga bagi Kota Cimahi dengan sistem penjualan air baku yang telah dikelola. “Jadi nanti kita juga akan bekerjasama dengan Cimahi karena sebagaimana diketahui Kota Cimahi tidak memiliki sumber mata air ber - sih jadi nanti kerjasama be - rupa sistem pembelian air curah,” ujarnya. Proyek ini rencananya akan memanfaatkan sumber mata air dari tiga desa di Cikalong We tan, di antaranya Desa Gan - jar Sari, Desa Cisalada dan Desa Cikahuripan. Dari tiga ma ta air tersebut diperhitung kan akan ada sambungan langsung (SL) air ke rumah-rumah sebanyak 25.000 SL untuk KBB dan 15.000 SL untuk Ci mahi dengan total volume air untuk keduanya mencapai 400 liter perdetiknya.

“Jadi total sam - bungan langsung ke ru mahrumah mencapai 40.000 sambungan langsungan,” ka tanya. Edi mengatakan rencana pem bangunan pengolahan air besih ini bukan tanpa alasan. Sebab sesuai dengan Rencana Pem bangunan Jangka Me - nengah Nasional (RPJMN) ba h - wa kebutuhan akan air be r sih bagi warga harus terpenuhi seratus persen di tahun 2019. Se men - tara di KBB sendiri kebu tuhan air ber sih saat ini baru terpenuhi 3 per sen.

“Kalau program ini ter - lak sana pa ling tidak kebutu han air bersih bisa meningkat dari sebe lumnya,” kata dia.

Nur azis

Berita Lainnya...