Edisi 30-06-2016
Emil Larang PNS Cuti Usai Lebaran


BANDUNG- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melarang para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Bandung untuk mengambil cuti usai lebaran nanti.

Langkah itu diambil setelah pe - merintah pusat melalui Ke men - terian Pendayagunaan Apa ra - tur Negara Reformasi Birokrasi (Ke menPAN RB) yang resmi me nyatakan pelarangan serupa ba gi seluruh aparatur negara be lum lama ini. Emil, sapaaan akrab Ridwan Ka mil, mengatakan bahwa se - lain pelarangan penggunaan ken daraan dinas untuk ke - perluan mudik bagi para abdi Negara, pemerintah pusat pun menggulirkan aturan agar tidak mengajukan cuti usai hari raya. “Udah jelas kan beberapa waktu lalu aturannya sudah keluar. Jadi untuk pengambilan cuti tidak boleh lagi karena waktu liburnya juga sudah lama,” ujar Ridwan usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Bandung, kemarin.

Menurut dia, waktu libur selama delapan hari ditambah dua hari cuti bersama harus benar benar dimanfaatkan para PNS. Meski begitu, Emil idak secara rinci menjelaskan ke mung kinan adanya sanksi yang bakal dilayangkan bagi pegawai yang nantinya bolos kerja usai hari raya dengan alasan tengah berada di kampung halaman. “Liburnya PNS itu pokoknya lebih dari cukup. Karena ke mung kinan lebaran itu Rabu atau Kamis jadi liburnya de la pan hari,” ucapnya.

“Sesuai aturan kendaraan di - nas ya termasuk motor tidak bo - leh digunakan juga. Karena atur an dari Men PAN memang se perti itu ternyata tak ada pe - ngecualian sebab roda dua yang ada dipemerintahan masuknya kendaraan dinas mutlak emang ti dak boleh,” tambahnya. Emil mengimbau bagi warga bandung yang hendak mudik menggunakan motor agar menjaga kondisi badan selalu cek kendaraannya. Dia juga ud - ah bertemu dengan Direktur PT KAI agar memfasilitasi ma sya - ra kat untuk transportasi mudik meng gunakan kereta.

“Jadi war ga yang menggunakan ke re - ta bisa membawa motor dengan disediakannya gerbong khusus. Untuk meminimalisir peluang kejahatan saat rumah ditinggal, saya sudah intruksikan linmas berkeliling di setiap wilayah,” pungkasnya.

Dila nashear

Berita Lainnya...