Edisi 30-06-2016
Peserta Jamnas Harumkan Nama Medan


MEDAN - Peserta Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka dari Kota Medan diminta berjuang mengharumkan nama baik Kota Medan.

Karena itu, para peserta harus terus berlatih supaya bisa menjadi teladan di antara semua peserta dari seluruh Indonesia pada Agustus nanti. Hal ini disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan, Muhammad Husni, yang juga menjabat Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Pemko Medan, ketika membuka acara buka puasa bersama dengan seluruh pengurus Kwarcab Pramuka Kota Medan dan peserta Jamnas dari Kota Medan di Bengkel Cafe dan Resto, Selasa (28/6) malam.

Dalam kesempatan itu Husni mengatakan, keikutsertaan Medan sebagai peserta Jamnas pada Agustus mendatang sekaligus untuk mewujudkan citacita Medan sebagai Kota Pramuka. Dia optimistis hal itu terwujud karena selama ini aktivitas gerakan pramuka juga sudah aktif. “Karena itu kepada 32 peserta Jamnas yang hendak berangkat nanti, jangan buat Medan malu, tapi buat Medan bangga. Lalu, taati aturan yang berlaku di Jamnas nanti,” katanya.

Dia mengatakan, ke-32 peserta Jamnas merupakan pilihan dari 21 kecamatan di Kota Medan. Peserta sudah tiga bulan mengikuti berbagai pelatihan dan edukasi yang difokuskan dalam penggalang, kebersamaan, kecepatan dan keterampilan. Dengan persiapan itu, peserta Jamnas dari Kota Medan diharapkan bisa menjadi yang terbaik dalam kegiatan yang digelar setiap lima tahun sekali itu.

“Saya secara pribadi sangat yakin adik-adik semua bisa mengharumkan nama baik Kota Medan dan beradaptasi dengan seluruh peserta dari berbagai latar belakang agama, suku dan lainnya. Ini mengingat pelatihan sudah berlangsung tiga bulan, dan adik-adik terlihat sangat antusias,” katanya.

Husni menambahkan, kegiatan berbuka bersama diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antarsesama anggota. Selama bulan Ramadan, berbagai kegiatan sudah digelar, mulai dari pembagian takjil kepada pengendara di delapan titik dan penyerahan bantuan kepada anak panti asuhan. Kegiatan itu juga untuk semakin mendekatkan pramuka pada masyarakat.

Ke depan, Kwarcab Kota Medan mengajak seluruh elemen masyarakat bersama- sama menjaga eksistensi gerakan pramuka, sehingga bermakna di tengah-tengah bangsa. “Dengan aktif menjadi anggota pramuka tentu bisa menjadi penangkal dan terhindar dari bahaya narkoba,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi, juga mengharapkan agar peserta Jamnas bisa menjadi contoh atau teladan nantinya. Selain peserta Jamnas, Zulfakhri yang juga Camat Medan Amplas, mengingatkan kepada seluruh anggota pramuka harus bisa menjadi contoh di lingkungan masing-masing.

Jika semua bersatu membangun gerakan pramuka, dia pun yakin pramuka semakin maju di Kota Medan. “Jangan pernah malu jadi anggota pramuka, justru harus bangga. Sebab pramuka punya banyak kegiatan positif,” ucapnya.

irwan siregar

Berita Lainnya...