Edisi 30-06-2016
Silangit dan FL Tobing Tingkatkan Pelayanan


TARUTUNG– Aktivitas Bandar Udara (Bandara) Silangit menjelang Lebaran terus meningkat dan jumlah penumpang pun terus bertambah. Sejak 24 Juni, jumlah penumpang mengalami kenaikan dari ratarata 300 penumpang per hari menjadi 500 penumpang per hari.

Kepala Bandara Silangit, Hotasi Manalu mengatakan, aktivitas pelayanan penumpang diperkirakan akan semakin meningkat hingga 10 Juli 2016 atau masa akhir liburan Lebaran. Hotasi memaparkan, selaku pengelola Bandara, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang. Termasuk pengaturan jadwal penerbangan agar tidak terjadi tumpang tindih dan penumpukan penumpang.

“Sejauh ini tidak ada kendala, sekalipun kapasitas ruang tunggu masih sangat minim namun semaksimal mungkin kita menata penerbangan agar penumpang tetap nyaman,” katanya kepada KORAN SINDO MEDAN, Rabu (29/6). Hotasi menjelaskan, penambahan jumlah penumpang di Bandara Silangit merupakan efek dari penambahan jadwal penerbangan bagi sejumlah maskapai.

Dengan kata lain aktivitas di Bandara Silangit sudah semakin tinggi. Ke depan, Hotasi berharap semakin banyak lagi maskapai yang datang ke Bandara Silangit untuk keberangkatan ke beberapa kota tujuan di Indonesia. “Jadi pelayanan ini sebagai promosi bahwa kami sudah bisa melayani penerbangan ke beberapa tujuan, termasuk kargo atau barang. Jadi masyarakat sudah bisa memfungsikan seluruh fasilitas bandara,” ujarnya.

Seorang penumpang di Bandara Silangit, Harapan Sibarani mengatakan, pihaknya sebagai aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di kawasan Silangit sudah terbantu dengan keberadaan dan pelayan bandara ke berbagai tujuan. Namun, mereka selaku penumpang yang hampir setiap penugasan keluar kota menggunakan jasa penerbangan dari Silangit, mengharapkan pelayanan terus ditingkatkan agar lebih baik lagi. “Sudah sangat baik, tapi kalau bisa lebih baik lagi,” katanya.

Sementara Bandara FL Tobing terus membenahi dari berbagai sisi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi bandara ini merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga. Kepala Bandara FL Tobing, Ambar Suryoko mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat calon penumpang nyaman.

Salah satu terobosan baru yang digulirkan, yakni moto Bandara FL Tobing “Small Beautiful Airport”. Ini memiliki arti sekaligus harapan Bandara FL Tobing menjadi bandara kecil yang cantik. “Kecil dan cantik tentu memiliki makna yang menyentuh. Pelayanan adalah utama bagi kami,” katanya saat pembukaan Posko Angkutan Lebaran di Bandara FL Tobing, Rabu (29/6).

Posko tersebut melibatkan 125 orang personel terdiri atas Polri, TNI, Pramuka, Dinas Perhubungan, dan tim medis yang melayani penumpang bandara mulai dari H-7 sampai dengan H+7 Lebaran. Dengan ada posko tersebut, selain sebagai salah satu usaha memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada para penumpang, juga memberikan rasa aman.

Tim tergabung dalam posko tersebut memiliki fungsi dan tugas masing-masing, seperti Polri difokuskan pengamanan dan pengawasan darat bandara dibantu Dinas Perhubungan. Sedangkan untuk TNI khususnya dari Detasemen TNI AU Pinangsori difokuskan pada pengamanan objek vital bandara dan tim medis melayani para penumpang yang mengalami kendala di bidang kesehatan.

“Sementara adik-adik Pramuka membantu pengamanan di dalam dan luar terminal. Semua layanan itu gratis,” katanya. Ambar mengungkapkan, Lebaran tahun lalu jumlah penumpang di Bandara FL Tobing mencapai 130.000 orang dan tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan mencapai 200.000 penumpang.

“Jadi potensi bandara ini sangat luar biasa. Kami yang tertinggi dibanding bandara sekitar, seperti Silangit, Nias, dan Aek Godang. Untuk menjaga nama baik bandara ini, saya akan berlebaran di bandara ini memantau langsung situasi dan kondisi bandara,” katanya.

baringin lumban gaol/ ant

Berita Lainnya...