Edisi 30-06-2016
Fokus Tingkatan Kualitas PTS


PALEMBANG-Masih banyaknya permasalah yang ditemukan di perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di bawah tanggung jawab pihak Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II, menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.

Hal ini diungkapkan Kepala Ko - pertis Wilayah II Slamet Wi do - do saat konferensi pers ke - marin. Dia menilai, masih banyak tugas dan pe - kerjaan yang harus segera di sele sai - kan untuk menjadikan PTS yang ada di wilayahnya agar lebih berkualitas, baik se - cara SDM maupun sarana dan prasarananya.

Selain itu, mengingat Kopertis Wilayah II yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan fungsi koordinasi, pengawasan dan pembinaan kepada semua PTS yang ada di wilayah Sumatra Se - latan (Sumsel), Bangka Belitung (Babel), Lampung, dan Bengkulu, menjadikannya harus melakukan berbagai perbaikan agar se mua - nya bisa menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

“Ada 215 PTS yang ada di wi - layah Kopertis Wilayah II ini. Semuanya harus kita bantu dalam segalahal, terutamauntukme ning - katkan akreditasi jurusan dan kampus itu sendiri. Sebab, akre di - tasi kampus dan jurusan me ru pa - kan salah satu yang terpenting di setiap PTS. Oleh ka rena itu, nanti kita akan panggil semua PTS yang masih me ng-alami kendala dalam pelaksanaan agar bisa diberikan jalan keluar nya,” katanya.

Dia menilai, saat ini calon ma - hasiswa sudah terbuka wawa sa n - nya untuk memilih perguruan tinggi yang memiliki kualitas yang baik. Dengan demikian, jika PTS tak melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitasnya, maka akan ketertinggalan dan minim peminatnya.

Mengingat partisipasi dari PTS sendiri sangat besar dalam mencerdaskan anak bangsa de - ngan biaya sendiri tanpa adanya bantuan dari pemerintah, namun tetap bisa bertahan dan me nge - luarkan alumni yang berkualitas baik hingga saat ini.

“Tenaga pengajar dari pegawai negeri sipil (PNS) yang diper ban - tukan akan kita usahakan untuk ditambah lagi, beasiswa bagi mahasiswa, biaya penelitian ma - hasiswa, biaya pengabdian kepada masyarakat, dan berbagai ke - giatan mahasiswa akan kita usa - hakan untuk ditambah. Dengan demikian, diharapkan PTS bisa meningkat lebih baik lagi kua li - tasnya dan menjadi lebih baik lagi ke depannya, ” ucapnya.

Selain itu, dirinya akan men ja - dikan Kopertis Wilayah II menjadi center of excellence (CeO) bagi PTS di wilayah II serta penambahan kuo ta bagi penerima bidik misi dari 400 orang menjadi 600 orang. Namun saat ini pihaknya ma - sih mengalokasikan dan masih dalam tahapan persiapan PTS ma - na saja yang sudah sanggup untuk menyelenggarakan program bi - dik misi ini.

“Nantinya kita juga akan me lak sanakan razia narkoba di PTS dengan melakukan kerja sama dengan pihak Badan Narko - tika Nasional (BNN). Hal ini kita lakukan untuk menjadikan senua PTS benar-benar terbebas dari yang namanya obat-obatan ter - larang,” katanya.

Program kepala Kopertis W ila - yah II yang baru ini disambut baik salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang, Ren - di Candra, dia mangatakan, dengan adanya wacana perbaikan teru ta - ma untuk meningkatkan kualitas SDM PTS dan mem be rikan dana yanglebihbesarlagi untukkegiatan mahasiswa.

“Hal ini menjadikan langkah positif untuk memberikan wadah dan acuan bagi mahasiswa untuk lebih meningkatkan kegia t - an di dalam kampus demi per kem - ba ngan minat dan bakat yang dim i - liki. PTS terkadang masih banyak yang belum memiliki berbagai wadah seperti organisasi kema ha - siswaan yang belum disediakan pihak kampus,” katanya. Kita berharap dengan adanya wacana yang baik tersebut, PTS yang ada di Sumsel khususnya menjadilebihbaiklagi kedepannya.

karerek

Berita Lainnya...