Edisi 30-06-2016
Jalintim OI Siap Dilintasi


INDRALAYA- Kondisi Jalan Lintas Timur (Jalintim) yang berada di wilayah Kabupaten Ogan Ilir dalam kondisi mulus untuk dilalui pemudik Idul Fitri 1437 Hijriah.

Meski demikian, para pemudik ha rus tetap waspada karena di beberapa titik masih ada se ba - gian jalan yang ditambal sulam dan tidak rata. “Secara umum, kami rasa Ja - lintim Ogan Ilir khususnya mu - lai dari lokasi batas Kil o meter 14 hingga Meranjat Kilome ter 42 KabupatenOganIlir sudahlayak untuk dilalui. Se mua jalan sudah diaspal,” kata Pejabat Pembuat Komit men (PPK) Metro lokasi batas Ki lometer 14 hingga Me - ran jatKi lo meter42OganIlir, Al - vin kemarin.

Alvin mengklaim sejak awal pihaknya secara bertahap me - ram pungkan perbaikan jalan berlubang sekitar 28 kilometer yag dimulai dari Pelabuhan Dalam menuju ke Kilometer 42 Meranjat. Menurutnya, target penyelesaian pengaspalan sebe narnya berakhir bulan de pan. Namun lantaran adanya mo - men tumIdulFitri1437H, maka pihaknya berupaya memper cepat pengerjaan.

“Para pekerja melakukan pengaspalan siang dan malam. Meski dikejar target tapi ten tu - nya tetap mengedepankan kua litas jalan,” tuturnya. Di samping melakukan pe - ngaspalan jalan, pihaknya juga di tahun ini melanjutkan pele - ba ran jalan sepanjang 2,2 kilo - meter yang dimulai dari Hotel Indrasari menuju ke rumah makan Tuah Siang Malam. “Untuk pelebaran jalan, alhamdulillah sudah rampung dan tinggal menunggu pe nge - ringan saja. Ada sebagian jalan yang akan dilebarkan itu di dam. Ya, memasuki Idul Fitri ini, alhamdulillah semua pe ker jaan selesai dilakukan,” je lasnya.

Begitu pula khusus sisi kiri Jalintim yang berada di depan pintu tol keluar Pemulutan, pi - haknya telah melakukan agre - gat hingga pengaspalan se pan - jang 380 meter. Sementara si - sanya sekitar 540 meter masuk dalam rangkaian pengerjaan jalan tol yang akan diselesaikan pasca Idul Fitri tahun ini. “Sejak adanya adanya pe le - baran jalan, kemacetan dapat ter hindari. Mudah-mudahan Idul Fitri ini arus mudik dan balik dapat berjalan dengan lan car dan terkendali,”ujarnya.

Sementara itu, PPK Me ran - jat-Kayuagung, Cecep Ir wan - syah menambahkan, kondisi Ja lintim Ogan Ilir-Kayuagung saat ini diyakini dapat dilalui pengendara, khususnya pemu - dik Idul Fitri 1437 H. “Sejak awal kami me la ku - kan perbaikan jalan guna meng hindari pengerjaan p e - ng aspalan mendekati Lebaran. Saat ini masih dilakukan per - baikan, paling tidak dalam dua hari ke depan sudah selesai di - ker jakan,” tuturnya.

Pantauan KORAN SINDO PALEMBANG, sebagian titik jalan yang hanya dilakukan tambal sulam berada di sim - pang Sakatiga menuju ke Desa Tanjung Lubuk Indralaya, Pa - lem Raya, dan sejumlah titik lainnya. Sedangkan sebagian besar jalan lain di Jalintim di la - kukan pengaspalan. Sa yang - nya makin tingginya jalan diaspal menyebabkan ma sya - ra kat selaku pemilik rumah ke - sulitan ketika akan mengeluarkan kendaraan.

“Ya, akibat jalan ini terus diaspal, menyebabkan kenda - raan tidak bisa naik ke aspal ka - rena aspal lebih tinggi di ban - dingkan jalan untuk trotoar. Seharusnya pemborong dapat menimbun jalan itu sehingga me mudahkan pengendara akan memasuki jalan aspal,” kata Cikmin, warga Desa Tan - jung Lubuk, Indralaya.

darfian jaya suprana

Berita Lainnya...