Edisi 30-06-2016
726 Petugas Amankan KNIA


DELISERDANG - Sedikitnya 726 personel gabungan dari petugas pengamanan bandara (Avsec), TNI/Polri, dan Dinas Perhubungan disiagakan di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) untuk mengamankan Lebaran.

“Petugas keamanan bertugas untuk melakukan pemeriksaan pengawasan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jasa bandara. Kami terus memantau dan mengawasi seluruh yang ada di Bandara Kualanamu, sehingga apa yang diharapkan pengguna jasa bandara pada mudik kali ini memperoleh kenyamanan dan keamanan,” ujar Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Kualanamu, Muzaffar Ismail, Rabu (29/6).

Sejauh ini pihaknya sudah memeriksa 157 pesawat dari 228 pesawat yang beroperasi di Bandara Kualanamu. Selain itu, sudah dilakukan tes urine terhadap 149 pilot, kru pesawat, pramugari, dan petugas pengamanan. “Sejauh ini hasil tes urine seluruhnya negatif (narkoba),” kata Muzaffar.

Direktur Keamanan Penerbangan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, M Nasir Usman, sebelumnya sudah melakukan inspeksi mendakak (sidak) di Bandara Kualanamu. Sidak dilakukan untuk memantau kesiapan transportasi udara menyambut mudik Lebaran 1437 Hijriah. M Nasir berharap tahun ini pelayanan keselamatan penerbangan bagi pengguna jasa, baik udara, laut, maupun darat, bisa lebih baik.

“Caranya, berkoordinasi dengan semua pihak seperti pemda, TNI/Polri, unsur Kementerian Perhubungan sendiri dan instansi lain, termasuk pengelola bandara harus satu kesatuan untuk menghadapi apa pun demi kenyamanan dan keamanan pengguna jasa bandara,” ujarnya.

m andi yusri

Berita Lainnya...