Edisi 30-06-2016
“Kami Tak Mau Bebani Anak-Anak”


Miris, mungkin itulah kata-kata yang tepat ketika melihat kondisi sepasang suami istri yang satu ini, Suwarno, 65, dan Markisrum, 64, yang sejak enam tahun belakangan ini memilih tinggal dan menepi di sebuah kawasan kebun karet yang jauh dari keramaian kota Lahat.

Kondisi ekonomilah lagi-lagi yang memaksa keduanya tinggal dan menetap di kebun, meski sadar bahwa dirinya menempati lahan milik Tentara Nasional Indonesia (TNI), tepatnya di kawasan Jalan Bhayangkara, Kelurahan Bandar Jaya, Kecamatan Kota Lahat. Dengan berbekal hidup sederhana dan jauh dari kata mapan, apalagi berkecukupan, itulah gambaran yang bisa terlihat dan tergambar dari kehidupan sehari-hari kedua pasangan suami istri ini yang tekah berusia renta.

Tinggal hanya di atas sebuah rumah kayu tanpa ada fasilitas listrik, apalagi mewahnya peralatan elektronik seperti zaman sekarang, namun semuanya dijalani dengan penuh kabahagiaan dan kesahajaan. “Kami tak ingin neko-neko pak. Cukup untuk bisa bertahan hidup, meski sederhana dan penuh kekurangan, kami ingin jalani hari tua dengan seperti ini. Kami tak mau bebani anakanak,” pungkas Markisrum, dijumpai di pondok sederhananya, kemarin.

Untuk menjalani hidup kesehariannya, pasutri ini memilih bertahan dengan mencoba menanam beberapa jenis tanaman di kebun yang tak kurang dari setengah hektare milik TNI yang ditumpanginya. Bahkan, demi membantu perekonomian keluarga, Markisrum rela menjadi seorang tukang sapu di gedung olahraga dan lapangan Gelora Serame, dengan upah yang jauh dari memadai.“ Kami rasa semuanya cukup kok untuk dua mulut,” tukasnya.

Ditanya tentang keberadaan keluarganya yang lain, Maskisrum mengatakan, sebenarnya mereka mempunyai empat orang anak, dan malahan memiliki sebuah rumah kecil di Talang Banten. Namun, karena kondisi ekonomi diserahkan kepada anak-anaknya.

Sementara, untuk perhatian pihak terkait, dalam hal ini pemkab, Suwarno mengaku tak mengharapkan perhatian apapun. Satu hal yang diinginkannya, yaitu bisa menumpang hidup nyaman sampai sisa umur yang ada.

cr11

Berita Lainnya...