Edisi 30-06-2016
Mamin Kedaluwarsa Terus Diburu


BATURAJA – Pekan terakhir Ramadan 1437 Hijriah, Pemkab OKU kian gencar melakukan penyisiran terhadap barangbarang yang tidak layak konsumsi serta ketersediaan stok.

Melalui inspeksi mendadak (sidak) Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah, (Dis pe - rindagkop dan UKM), bersama Dinas Kesehatan, Dinas Peter - na kan, MUI, menyasar se jum - lah pasar tradisional, modern mau pun minimarket di kota Baturaja. Hasilnya, beberapa jenis produk kedaluwarsa dite mu - kan serta kemasan rusak yang masih terpajang di sebuah mini market di Baturaja.

Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM, Husnizar mene gas - kan, pihaknya masih mene mu - kan makanan jenis tahu dan mi ber formalin yang beredar di Pasar Atas dan Pasar Baru Baturaja. ”Tentu akan kita pantau terus. Jika nanti kita sudah beri teguran ke pemilik, namun ka - lau masih saja menjual barang yang kedaluwarsa, tentu akan kita beri sanksi tegas,” katanya.

Tim juga melakukan pengec e - kan makanan yang beredar di pasar modern yakni Ramayana. Pihaknya mengimbau kepada pengelola supermarket agar benar-benar memantau barang dagangannya sehingga tidak merugikan masyarakat.

”Kami akan terus melaku - kan pe ngawasan hingga Le ba - ran. Jangan sampai k e sem pa - tan yang mulia ini disusupi oleh oknum guna meraup ke un tu - ngan besar. Apalagi kebutuhan yang serba mahal, maka ma sya - r akat akan dengan mudah ter - go da jika ada tawaran harga mu - rah, yang tidak jelas kualitasnya apakah layak konsumsi atau tidak,” tegasnya.

Sementara, Asisten Mana - ger Supermarket Ramayana Baturaja, Mukim Mahmudi mengatakan, kalau pihaknya se la lu mengecek barang daga - ngan nya. Diakuinya, jelang Le - ba ran pembeli yang datang ke Ramayana mengalami pe ning - ka tan. Tingginya konsumen terjadi sejak seminggu lalu.

”Kalau perkiraan kami, awal Juli pasti lebih ramai. Karena yang mudik ke Baturaja dari luar kota tentunya akan berbelanja persediaan jelang Lebaran, baik kebutuhan pokok (pangan) mau pun sandang,” pung kasnya.

ibrahim arsyadh


Berita Lainnya...