Edisi 30-06-2016
OKU Timur Siapkan 6.000 Ekor Sapi


MARTAPURA – Pemkab OKU Timur mempersiapkan setidaknya 6.000 ekor sapi yang siap dipotong untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat selama Idul Fitri mendatang.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Kadisnakan) OKU Timur Santio menga ta - kan, daging yang dijual pe da - gang di pasar merupakan da - ging yang berasal dari sapi ternak lokal. Menurutnya, sejauh ini OKU Timur tidak pernah menda tangkan sapi dari luar untuk memenuhi kebutuhan daging menjelang hari-hari besar ter - masuk Idul Fitri.

Sebab, stok ma upun ketersediaan sapi di daerah ini cukup banyak bah - kan berlebih. “Kita tidak pernah men da - tangkan sapi dari luar karena stok sapi kita banyak, untuk selama puasa dan Lebaran ta - hun ini kebutuhan kita per ki - ra kan hingga 6.000 ekor,” ujarnya kemarin. Karena stok sapi cukup ba - nyak, sapi asal OKU Timur ada yang dijual keluar daerah, di antaranya Jambi, Padang, Pe - kan Baru, Palembang.

Na mun jika peternak akan menjual sapi keluar daerah, wajib me - ngantongi surat keterangan kesehatan hewan melalui dok - ter hewan yang diajukan oleh UPTD. “Dengan begitu, kita bisa tahu bagaimana kondisi sapi yang akan dijual ke daerah lain,” imbuhnya.

Menurutnya, petugas sela - lu melakukan peman tau an dan pemeriksaan terhadap he - wan ternak berupa sapi yang akan dipotong untuk Lebaran. Pemeriksaan dinilai penting untuk memastikan kondisi hewan.

Sementara itu, ketersedian daging menjelang Lebaran cukup dan tidak ada gejolak ka re - na hingga saat ini harga daging masih relatif normal maupun stabil berada di harga Rp110.000-120.000/kg. “Jika ada kenaikan kebu tu - han itu tidak signifikan. Meski nanti tetap ada, masih bisa kita penuhi,” pungkasnya.

dadang dinata

Berita Lainnya...