Edisi 30-06-2016
Penyertaan Modal PDAM Diupayakan ABT


INDRALAYA- Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir mengupayakan penyertaan modal bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ogan dapat dimasukkan dalam anggaran biaya tambahan (ABT) tahun 2016.

Hal ini sangat mendesak, mengingat kondisi intern PDAM Tirta Ogan yang t e - ngah mengalami defisit ang - ga ran, terutama untuk mem - ba yar tagihan listrik. “Sebenarnya Pemkab OI bukan tidak mau memberikan subsidi ke PDAM Tirta Ogan. Tapi memang hal itu belum dianggarkan PDAM saat pem - ba hasan APBD induk 2016 lalu. PDAM sudah menga ju - kan nya melalui dana ABT. Mudah-mudahan ada jawa - ban nya pada ABT nanti,” kata Sekda OI H Herman, kemarin.

Menurut dia, selama ini memang PDAM dan Petrogas terus mendapatkan penyer - taan modal dari Pemkab OI. Tujuannya adalah untuk me - ngembangkan dan mening - kat kan sumber-sumber pen - da patan yang ada. Disinggung mengenai aki - bat tidak adanya penyertaan modal dari Pemkab OI, ma na - jemen PDAM Tirta Ogan saat ini kesulitan untuk membayar tagihan listrik ke PLN Cabang Indralaya yang totalnya men - ca pai ratusan juta rupiah. “Soal itu saya kurang tahu. Kami harap PDAM dapat ber - sa bar sembari mengunggu pem bahasan ABT 2016,” ucapnya.

PDAM Tirta Ogan OI di ka - bar kan menunggak tagihan lis trik selama tiga bulan berturut-turut dimulai April, Mei dan Juni yang total men - capai Rp300 juta. Tiap bulan PDAM Tirta Ogan menda patkan pasokan listrik sebanyak 540,3 kilovolt ampere. Vo - lume pasokan listrik itu untuk mengoperasikan 16 unit pe - ngolahan air seperti di Kom - pleks Serai Indah Indralaya, Tan jung Raya Indralaya, Keca - m a tan Tanjung Batu, dan Su - ngai Pinang.

Volume itu belum termasuk di Unit Pengolahan Air Kecamatan Muara Kuang dan Pemulutan yang belum dioperasikan. “Kami akui kalau kami (PDAM) sedang kesulitan ke - uangan lantaran belum men - da patkan subsidi dari pem - kab. Ya, kami sudah kirimkan surat ke bupati dan PLN untuk meminta penangguhan pe - mu tu san aliran listrik,” ujar Direktur PDAM Tirta Ogan, Zulkarnain.

Diketahui, tiap tahun PDAM Tirta Ogan men da - patkan subsidi dari Pemkab OI sebesar Rp1,2 miliar. Sa yang - nya, di tahun 2016 ini PDAM Tirta Ogan tidak menda pat - kan subdisi sehingga PDAM Tirta Ogan harus menang - gung sendiri biaya-biaya yang dikeluarkan.

Sedangkan dana yang di - pe roleh dari pembayaran air konsumen hanya sebesar Rp150 juta/bulan dan dana itu hanya cukup membayar gaji karyawan sebanyak 43 orang mencapai Rp110 juta/ bulan.

darfian jaya suprana

Berita Lainnya...