Edisi 30-06-2016
Perkuat SDM dan Bakal Bangun Gedung Baru


PALEMBANG-Universitas Tri dinanti Palembang kini menyiapkan 1.500 kursi untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2016-2017.

Penambahan fasilitas pendidikan dan sarana prasarana dilaku - kan untuk menopang kegiatan perkuliahan. Rektor Universitas Trid i - nan ti Palembang Dr Manisah mengatakan, saat ini memang memasuki gelombang I sampai 31 Agustus, namun peminat sudah relatif banyak. “Penerimaan mahasiswa baru ini untuk S1 dan DIII. Nah, kursi tersebut untuk di ber ba - gai fakultas, jurusan, dan prog - ram studi yang tersedia,” ujar - nya kepada KORAN SINDO PALEMBANG, baru-baru ini.

Manisah menjelaskan, me - miliki empat fakultas dan 16 program studi serta satu prog - ram pascasarjana. Untuk fa kul - tas ekonomi terdapat lima pro - di di antaranya manajemen dan akuntansi untuk S1, sedangkan untuk DIII prodi keuangan dan perbankan, serta manajemen pemasaran dan akuntansi.

Sementara untuk fakultas pertanian terdapat program studiagroteknologidanagro bis - nis, untuk FKIP terdapat prodi bahasa Inggris dan pen di dikan bahasa dan sastra Indonesia. Sedangkan fakultas teknik terdapat lima program studi S1 yakni teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, teknik industri dan arsitektur. Sementara prog ram pascasarjana yakni magister manajemen.

“Jadi kamimelengkapisa ranadanpra - sarana kampus atau pem be la - jaran seperti rua ng kelas dengan multimedia, AC, dan labora to - rium yang menunjang mata ku - liah,” kata Manisah. Menurutnya, laboratorium merupakan hal yang penting untuk tempat praktikum bagi mahasiswa. Laboratorium di - miliki seluruh prodi untuk prak tikum. Seperti fakultas per tanian sudah memiliki la bo - ratorium kultur jaringan, ru - mah kaca dan rumah bayang, green housedan lahan praktik.

“Jadi itu tentu saja me nun - jang semangat belajar me - ngajar, mahasiswa bisa praktik tanam-menanam langsung di situ. Di samping itu ada juga lab botani dan fisiologi,” ujarnya. Manisahmenambahkan, tak kalah dengan pertanian, un tuk fakultas teknik pun di lengkapi lab untuk seluruh program studi, seperti lab ar si tektur, mesin, elektro dan lain nya juga dilengkapi sarana multimedia.

“Untuk unggulan kita juga punya perpustakaan digital, untuk fisik buku-buku ada dan e-book pun sangat banyak. Di situ ada 10.000 eksemplat buku dan 3.000 ribu judul buku. Rua - ngan pun kita buat senyaman mungkin. Selain punya tempat duduk dan meja juga ada le se - han. Sehingga bisa lebih santai. Ditambah fasilitas komputer, akses internet Wi-Fi gratis dan ber-AC,” ucapnya.

Manisah menambahkan, terkait bidang layanan dila ku - kan secara online mulai dari men daftar, pengisian KRS online danKHS online. Di samping itu, lanjut Ma - nisah, sarana perkuliahan pun akan ditambah dengan rencana pembangunan sembilan lantai gedung dengan 52 kelas yang dikejar selama dua tahun ini. “Nah, kankita baru punya 60 kelas, nanti ditambah lagi 52 kelas, sehingga dapat efektif menampung total 5.200 ma ha - siswa. Rencana ada auditorium untuk berbagai aktivitas kam - pus,” katanya.

Untuk tenaga pengajar, Ma - nisah menjelaskan, pe ngem - bangan SDM pun terus dilak u - kan di Tridinanti. Sejauh ini mereka memiliki empat guru besar, 11 doktor, dan sepuluh orang tengah menempuh S3. Sementara itu, Dian, salah satu pegawai Universitas Tridi - nanti Palembang mena m bah - kan, berbagai sarana prasarana memang dikembangkan. “Kita berharap kemajuan selalu ada pada kampus kita,” katanya.

retno palupi

Berita Lainnya...