Edisi 30-06-2016
Puluhan Angkutan Tak Laik Jalan


PAGARALAM - Tim gabungan Dishub, polres dan Organda menemukan puluhan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP) tidak laik jalan.

Parahnya lagi, angkutan tersebut masih tetap dioprasionalkan sebagai ang - ku tan mudik Lebaran Idul Fitri 1437 H, dari sejumlah peru sa - haan otobis (PO) di Kota Pa - garalam. Kapolres Pagaralam AKBP Pam budi mengatakan, te muan di lapangan menjadi contoh ada angkutan yang rusak, seperti kaca depan pecah, ban vulka - nisir, kondisi mesin dan alat pendukung lain yang tidak siap jalan.

”Sarat utama untuk men - du kung keselamatan bagi ken - daraan pengangkut pe num - pang, khususnya AKAP dan AKDP harus kendaraan sehat. Sebab, sebagai kendaraan umum bagi pemudik Lebaran, terutama kendaraan bus yang berada di Terminal Nendagung cukup banyak ditemukan da - lam kondisi rusak,” bebernya.

Dengan kondisi ini, piha k - nya sudah memberikan peri - nga tan bagi PO kendaraan yang kondisi kendaraanya ti - dak laik jalan agar dilakukan perbaikan. Pihaknya khawatir keselamatan penumpang, apa - la gi kondisi jalan di wilayah Sum sel banyak ukuran kecil, tanjakan, dan tikungan tajam, kalau mobil tidak sehat akan sangat berbahaya.

Sementara itu, Kepala Dis - hubkominfo Pagaralam, Paber Napitupulu mengatakan, se - mua kendaraan PO yang akan dioperasikan untuk angkutan Lebaran sudah diperiksa dan masih ada ditemukan kondisi rusak dan tidak laik jalan. Untuk itu, pihaknya sudah memperingatkan agar pemilik PO memperbaiki kendaraan yang rusak sebelum digunakan un tuk mengangkut penum - pang mudik Lebaran Indul Fitri tahun ini.

”Pemeriksaan terhadap angkutan Lebaran di Kota Pa - garalam seperti PO Telaga Bi - ru, Sinar Dempo, Anuggra, Me - la ti Indah, dan beberapa yang lainnya. Namun demikian, jika masih ada kendaraan tidak laik jalan masih beroperasi, akan ditindak tegas termasuk ter - buk ti menggunakan narkoba untuk sopir karena mem ba ha - yakan penumpang,” tukasnya.

yayan darwansah


Berita Lainnya...