Edisi 30-06-2016
Siagakan Personel dan Peralatan Lengkap


PALEMBANG-Menjelang puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri, Kantor SAR Palembang menyiagakan personel dan peralatan serta perlengkapan di dua posko yang terletak di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Kepala Kantor SAR Pa lem - bang Budi Cahyadi me nga - takan, untuk persiapan arus mu dik Lebaran tahun ini, pi - haknya menyiagakan pers - onel dan peralatan di Posko Tanjung Api-Api dan posko terpadu di Bandara In ter - nasional SMB II Palem bang. “Sebenarnya kita sudah bergerak sejak H-15, dan kita sudah menyiapkan peralatan, personel, pengecekan sampai dengan kapal dan perahu karet di lapangan,” ujar Budi di Kan - tor SAR Palembang, kemarin.

Dia mengatakan, pada H-7 ini pihaknya juga sudah mela - kukan pergerakan di posko terpadu Bandara Internasional SMB II Palembang. Selain me - nempatkan personel, pihaknya juga menyiagakan berbagai peralatan di posko taktis di Tanjung Api-Api. “Posko taktis kita ini dilengkapi berbagai peralatan lengkap untuk evakuasi. Nanti pada H-5 kami memetakan lonjakan penumpang sudah mulai terjadi. Sehingga per so - nel ditempatkan di Tanjung Api-Api relatif lebih banyak dibanding tahun lalu, beserta kapal khusus SAR 40 meter dan Sea Rider 9,5 meter, serta peralatan lainnya,” katanya.

Budi menambahkan, pihak - nya juga menyiagakan personel yang mobiledi berbagai terminal untuk membantu jalur darat. “Ada pula personel yang mobile di terminal-terminal. Kita pun membawa rescue truk yang isinya alat esktrikasi atau alat evakuasi korban direruntuhan bangunan. Di samping itu, siaga di kantor juga tetap dilakukan untuk melayani masyarakat. Selain untuk posko Pagaralam kita ada enam personel yang melakukan siaga Lebaran,” ujarnya.

Lebih lanjut dia men jelas - kan, untuk menyikapi siaga Lebaran, pihaknya sudah siap dengan kemampuan yang ada dan lebih dioptimalkan. Ber - kaca dari siaga arus mudik tahun lalu, Budi menjelaskan, pada posko di TAA yang m e - masuki tahun kedua ini dilakukan penambahan per alatan yang lebih lengkap. Sebab, untuk di posko TAA yang merupakan area perairan, maka ditambahkan sarana prasarana baru berupa kapal baru.

“Peralatan sudah stay di sana dan khusus kapal 40 meter mulai H-4 siaga sampai sekitar H+3. Personel 8-13 orang. Nah, Sea Rider 9,5 meter ini memiliki kecepatan 40 knot sehingga memang cepat menjangkau titik lokasijikadibutuhkan,” ucapnya. Budi menambahkan, pe - nam ba han sarana itu dimaksud juga sebagai bentuk antisipasi adanya dampak La Nina se - hingga memungkinkan ombak fluktuatif. “Jadi posisi ombak dapat landai dan kadang me - ninggi, namun apa pun itu kita harus antisipasi potensi-poten - si kecelakaan,” katanya.

Potensi kecelakan darat, lanjut Budi, pihaknya sengaja menyiagakan personel dan berbagai kendaraan. Sehingga, jika melihat dan mendapat la - poran hotline 115, maka personel segera meluncur. “Masyarakat bisa hubungi kita di 115, jangan sampai korban yang seharusnya masih bisa diselamatkan, namun ka - re na lambat atau salah pe - nanganan jadi meninggal du - nia. Kami siap membantu ma - syarakat seoptimal mungkin,” katanya.

Sementara itu, Humas Kan - tor SAR Palembang Taufan menambahkan, para personel disiagakan di dua posko utama yang ada. "Kita standby dan be - rupaya dapat menjalani tugas secara optimal, jadi meskipun Lebaran kami tetap siaga,” ujar Taufan.

retno palupi



Berita Lainnya...