Edisi 30-06-2016
Belum Selesai, Tol Joker Difungsikan


MOJOKERTO – Pembangunan tol Jombang-Mojokerto (Joker) seksi III terus dikebut menjelang Lebaran ini.

Kendati tak keseluruhan pembangunan tol selesai, jalur bebas hambatan sepanjang 5 km itu rencananya difungsikan untuk mengurai kemacetan arus mudik dan balik Lebaran.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) Rinaldi menegaskan, pihaknya kini tengah melakukan persiapan agar ruas tol Joker seksi III ini bisa dipakai untuk mengurai kemacetan arus mudik dan balik Lebaran.

Ruas tol yang bakal tersambung dengan tol Surabaya- Mojokerto (Sumo) itu hingga kini masih belum tuntas. Namun, pihaknya diminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ikut membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran kali ini. Rinaldi menyebut, hingga kemarin tol yang mengambil pintu masuk di Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, itu memang belum layak difungsikan.

Namun, pihaknya akan berupaya mendukung kebijakan pemerintah tersebut. Sekalipun, jika memang harus difungsikan, pihaknya akan memakai satu jalur dari dua jalur yang tersedia.

“Menurut tim kepolisian dan DLLAJ, tol seksi III ini bisa untuk mengurai kemacetan di jalur by pass , mulai simpang empat Mertex hingga simpang lima Kenanten,” urainya.

Jika nantinya jalur tol yang belum kelar ini difungsikan sebagai jalur mudik, pemudik dari arah Surabaya bisa langsung menggunakan ruas tol Sumo dari Karang Andong, Krian, dan keluar di ruas tol Joker Gerbang Mojokerto Barat.

Pengguna jalan hanya perlu membayar untuk ruas tol Sumo. “Untuk Seksi III gratis selama H-5 hingga H+7 Lebaran,” tandasnya. Namun, hingga kemarin pihaknya masih belum bisa menetapkan apakah ruas tol Joker seksi III itu bakal dipakai untuk jalur alternatif mudik atau tidak.

Menurutnya, akan ada tim yang menilai kelayakan jalur tersebut. Tim itu beranggotakan dari kepolisian dan DLLAJ. “Kemungkinan dua hari lagi akan kembali disurvei.

Kalau memang tim menetapkan jalur ini layak fungsi, ya akan kita fungsikan dan sebaliknya,” tukasnya. Kepala Divisi Pelaksanaan Proyek Pembangunan tol Kermo Seksi 2 SamsulChair menambahkan, pihaknya terus mengejar pembangunan tol terutama di dua titik yang masih terputus dengan pintu gerbang tol Sumo.

“Sisanya masih ada yang proses rigig beton dan land concrette,“ ujarnya. Untuk mengejar sisa waktu yang tinggal beberapa hari ini, pihaknya terpaksa membuat jalur baru sepanjang sekitar 50 meter.

tritus julan


Berita Lainnya...