Edisi 30-06-2016
Kekuatan Baik Sangka


Pedudukan yang kini telah dicapai, tak pernah dibayangkan sebelumnya oleh Nuris. Latar pendidikan di Jurusan Sejarah saat kuliah di Universitas Airlangga membuat Nuris menggantungkan cita-cita sebagai guru.

Namun jalan hidup itu tidak dilakoni, saat ia memutuskan melamar menjadi manajemen trainee. ”Pertimbangannya saat itu, karena lowongan itu saja yang terbuka untuk semua jurusan,” kata Nuris saat ditemui di kantornya. Pria asal Madiun itu hanya berbekal baik sangka pada Tuhan.

Selama manusia berusaha, pasti Tuhan akan menunjukkan jalannya. Sebab itu pula Nuris tidak merasa minder sedikitpun ketika bersaing dengan pelamar lain. ”Tidak bisa dipungkiri, jurusan Sejarah itu sering dianggap masa depannya suram.

Padahal masa depan itu kita yang menentukan atas izin Tuhan. Bukan sekadar persoalan latar pendidikan,” tegas bapak satu anak ini. ”Selama kita baik sangka, maka minder itu tidak akan ada,” lanjut penyandang gelar pendekar PSHT.

Hal baru bukan untuk dihindari tapi dijalani. Jika tidak bisa, manusia punya kemampuan belajar. ”Contoh sederhana, saat saya harus belajar golf tahun 2008. Dulu saat kuliah saya menganggap golf olah raga opo iku. Ternyata sulit juga,” ujarnya sambil tertawa.

Ia pun mengisahkan hal-hal lucu saat belajar golf. Nuris membeli tiga bola untuk belajar golf. Kesan pertama begitu memalukan. Betapa tidak, tiga bola yang harganya tidak murah itu malah raib karena masuk kolam. ”Hahaha...namanya juga belajar.

Lumayan sih harganya. Tapi woles saja. Baik sangka, pasti bisa,” kenangnya. Nuris tetap saja bermain golf bersama para kolega. ”Terus pernah, saat di par 3, saya minta stick nomor 9, tapi dikasih nomor 6 oleh caddy. Saya tidak mengecek lagi.

Ya sudah saya pukul saja bolanya, langsung masuk jurang. Yang lain pada ketawa, caddy-nya menangis,” ucapnya sambil terpingkal. Lagi-lagi, Nuris tidak putus asa karena memang bukan sifatnya untuk buruk sangka.

Terus berlatih dan belajar membuatnya kian mahir bermain golf. Hasilnya 29 piala berhasil dikoleksi. Beberapa diantaranya adalah best gross overall Turnamen Golf IKA UNAIR 2014, best nett overallTurnamen Polda Papua, best nett overall Turnamen Golf Bank Papua 2010, dan beberapa turnamen lainnya.

”Wis talah urip iku ojo buruk sangka, baik pada sesama, apalagi pada Tuhan. Jangan pernah buruk sangka,” wejang Nuris.

zaki zubaidi

Berita Lainnya...