Edisi 30-06-2016
Dishub Uji Kelaikan Angkutan Lebaran


DELISERDANG - Dinas Perhubungan Deliserdang melakukan uji kelaikan terhadap puluhan angkutan umum di Terminal Lubukpakam, Rabu (29/6).

Kepala Dinas Perhubungan Deliserdang, Janes Manurung, mengatakan, uji kelayakan angkutan umum ini bertujuan memberikan rasa aman bagi penumpang. Selain itu, Dishub juga memeriksa emisi gas buang kendaraan bermotor, dan tes urine bagi para sopir bus. “Ini semata-mata kami lakukan demi kelancaran pelayanan angkutan Lebaran. Kami juga bekerja sama dengan Polres dan BNN Deliserdang dalam melakukan tes urine kepada para sopir,” katanya.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, 14 kendaraan ditilang karena tidak laik jalan namun tetap beroperasi mengangkut penumpang. “Kami juga sudah ingatkan kepada sopir agar benar-benar memperhatikan kondisi kendaraan. Sebab, ini menyangkut nyawa manusia. Jadi, utamakan keselamatan daripada kecepatan,” katanya.

Tiga Sopir Positif Narkoba

Sementara itu, tiga orang sopir dinyatakan positif menggunakan narkoba dari hasil tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Deliserdang terhadap 75 sopir di Terminal Lubukpakam.

Ketiga sopir yang positif terindikasi narkoba, yakni sopir Minibus Paradep tujuan Pematangsiantar- Medan,DF Dinata, 42, warga Jalan Melati Nomor 28 Pematangsiantar; sopir CV Candra tujuan Medan- Kotapinang, Zulkifli Ritonga, 32, warga Jalan Sisingamangaraja, Marindal; dan sopir CV Mulia, Jaya M. “Mereka sudah dibawa ke Kantor (BNN) Kabupaten Deliserdang untuk ditindaklanjuti dan dimintai keterangannya,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, BNN Deliserdang, Tiarlina Manik.

Salah seorang sopir, DF Dinata, mengaku baru tiga hari lalu menggunakan ganja. “Sudah lama enggak pernah aku bang. Terakhir tiga hari yang lalu, itu pun biar enggak capek aku bawa bus ini,” ujar sopir kendaraan pelat BK 7005 UW ini. Kemudian sopir lainnya yang juga berindikasi menggunakan narkoba, Zulkifli Ritonga, 32, mengaku baru empat hari lalu menggunakan ganja.

“Saya sekali-kalinya bang. Terakhir empat hari yang lalu, itu pun cuma sedikit, sebatang saja. Abang tengok badan aku gemuk kayak gini ,” ucap sopir kendaraan BK 7144 LY ini. Setelah diuji gas emisi dan tes urine, petugas menempel stiker antinarkoba di angkutan umum tersebut.

m andi yusr

Berita Lainnya...