Edisi 30-06-2016
350 Petugas Sampah Disiagakan


KLATEN – Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten menyiagakan sekitar 350 petugas sampah selama libur Lebaran.

Hal ini sebagai antisipasi meningkatkan produksi sampah saat Lebaran. Kepala DPU ESDM Klaten Abdul Mursyid memperkirakan volume sampah meningkat 1,5-2 kali lipat dari kondisi normal.

Pada hari biasa volume sampah di Klaten mencapai 170 ton per hari. “Tidak ada cuti Lebaran untuk petugas sampah. Nanti di shift, ada 350 personel,” ujarnya, kemarin.

Selain ratusan petugas, DPU juga menyiagakan delapan unit dump truck, enam unit pikap, dan sembilan kendaraan roda tiga. Mursyid mengatakan, peningkatan sampah paling banyak terjadi di wilayah perkotaan.

Nanti pengangkutan sampah dilakukan sepanjang hari dan tidak ada pembatasan. “Tergantung keadaan, begitu penuh langsung diangkut. Kalau lokasi kota bisa lebih dari dua kali pengangkutan.

Pengangkutan tidak dibatasi karena jangkauan TPA sementara dekat. Kalau malam sudah selesai, tidak ada pengangkutan,” kata dia. Sementara Sekda Klaten Jaka Sawaldi berharap tidak ada permasalahan sampah saat Lebaran.

Dia meminta akses jalan menuju TPA sementara di Dukuh Biru, Desa Candirejo, disiapkan dengan baik agar pengangkutan tetap berjalan ketika hujan turun.

Pasalnya, jalan menuju TPA sementara masih berupa tanah sehingga saat hujan tiba menjadi berlumpur dan licin. Kondisi ini menyulitkan truk pengangkut memasuki lokasi TPA sementara.

Akses menuju lokasi TPA Sementara Candirejo melalui jalan kampung di tepi Dukuh Biru. Jalan tidak bisa dilalui truk sampah ketika hujan turun karena berlumpur dan licin.

Pantauan KORAN SINDO YOGYA awal pekan ini, perbaikan jalan menuju TPA sementara telah dimulai dengan membangun talud.

Kepala Desa (Kades) Candirejo Muryanto Darmo Suwito mengatakan, berdasarkan kesepakatan warga dan DPU, maka perbaikan jalan akses TPA sementara dipercepat paling tidak satu bulan. TPA Sementara Candirejo resmi beroperasi sejak 13 Juni.

endah budi karyati

Berita Lainnya...