Edisi 30-06-2016
Atlet Asal Bantul Lolos ke Olimpiade


BANTUL – Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KONI DIY) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY memberikan apresiasi dan menggelar syukuran bagi para atlet cabang olahraga (cabor) panahan yang lolos kualifikasi Olimpiade 2016 di Bantul kemarin.

“Bentuk apresiasi berupa pengalungan bunga dari Disdikpora kepada atlet yang lolos olimpiade, salah satunya Hendra Purnama dari DIY. Sekaligus syukuran dan buka bersama dengan mereka,” ujar Ketua Umum KONI DIY GBPH Prabukusumo.

Dirinya berharap putra daerah DIY ini nanti bisa mendulang emas dan membanggakan Indonesia serta DIY khususnya lewat nomor recurve beregu putra.

Bersama rekannya Riau Ega Agata asal Jawa Timur dan Hanif Wijaya asal Jambi. Sebagai bentuk dukungan, KONI DIY berencana memberikan uang saku kepada satu atlet asal Bantul itu.

Diketahui, tiga atlet asal Indonesiaberhasilmerebuttiket beregu putra Olimpiade 2016. Setelah mendapatkan medali emas lewat nomor recurve yang dipertandingkan di Antalya Archery Club Field, Antalya, Turki, Kamis (16/6) lalu.

“Alhamdulillah, periode kita KONI DIY bisa mengantar seorang atlet bisa mengikuti olimpiade. Baru kali ini atlet DIY bisa ikut olimpiade, (walau sebelumnya pernah) juga atlet taekwondo DIY ikut Olimpiade Barcelona (melalui cabang olahraga) eksibisi karena baru dipertandingkan di olimpiade pertama kali dan mendapat perak,” katanya.

Tentu kabar tersebut menjadi angin segar bagi DIY. Apalagi di tengah keterbatasan KONI DIY dalam membiayai kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016.

Namun, nasib baik Hendra tidak diikuti sang kakak Titik Kusumawardani yang kali ini tidak lolos kualifikasi Olimpiade 2016. Sama-sama turun di nomor beregu recurve putri, Titik dengan Diananda Khoirunisa dan Erwina safitri asal Jawa Timur, tim putri harus mengakui keunggulan tim lawan.

“Selamat kepada tim panahan Indonesia yang sekarang dilaksanakan latihan di DIY. Harapan bisa betah dan ikuti latihan dengan baik, diberikan kesehatan, bisa ikuti olimpiade, dan bawa medali,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji. Sementara Manajer Tim Panahan Pelatnas Fredy Rosandi mengucapkan terima kasih kepada KONI DIY dan jajaran pemerintah daerah yang telah memberikan apresiasi dan kesempatan bagi timnya berlatih di DIY, tepatnya di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul dan Pantai Parangtritis.

Sekarang pun tim panahan pelatnas yang lolos kualifikasi digembleng kembali di venue tersebut guna menghadapi Olimpiade 2016 pada Agustus mendatang. Medali emas menjadi bidikan tim tersebut.

Terutama di nomor recurve beregu putra, putri, maupun perorangan. “Kehormatan bagi kami Tim Pelatnas Indonesia yang berlatih di DIY. Kebetulan lokasi di DIY menyenangkan bagi kami dan banyak kuliner yang disukai.

(Lokasi) Yogyakarta diinginkan daripada di luar negeri karena sesuaikan lingkungan yang (hampir sama dengan) kondisi di Turki,” ungkap Fredy. Tim Panahan Indonesia akan berangkat ke Olimpiade 2016 Brasil pada 27 Juli 2016.

Mereka akan bertanding pada 5-12 Agustus 2016 dan kembali lagi ke Indonesia pada 16 Agustus 2016. Pelatih Klub Bibis Bantul, klub pengembang olahraga panahan yang diikuti Hendra Purnama, Rahmad Sulistyawan mengatakan, keikutsertaan adik bungsunya dalam kejuaraan ini menjadi sejarah bagi olahraga panahan DIY.

Karena pertama kalinya ada atlet DIY yang lolos dalam nomor recurve beregu putra. Setelah berhasil mengalahkan tim dari Prancis. Tentu bukan hal yang mudah mendapatkan tiket tersebut. Apalagi atlet kelahiran Bantul 12 Juni 1997 itu sempat gagal dan harus puas dengan medali perunggu dalam Kejuaraan Dunia Panahan Shanghai serta hanya masuk 16 besar di Kejuaraan Dunia Panahan Kopenhagen, Denmark 2015. “Selama ini yang lolos dapat tiket (ke Olimpiade) itu nomor perorangan putra dan putri.

Yang beregu putra baru pertama kali. DIY sendiri pernah mencatatkan dapat (medali) perak pertama kali lewat beregu putri pada tahun 1988 lalu. Sementara Titik (kakak Hendra) bersama tim tidak lolos,” kata Rahmad.

siti estuningsih

Berita Lainnya...