Edisi 30-06-2016
Harga Daging Ayam Ras Merangkak Naik


MEDAN– Harga daging ayam ras terus merangkak naik jelang lebaran ini. Pada pekan lalu, harga komoditas satu ini masih berkisar Rp28.000 per kilogram (kg) namun kemarin sudah naik lagi menjadi Rp33.000 per kg.

Asrul, salah seorang pedagang di Pasar Padang Bulan Medan mengatakan, harga daging ayam ras kembali naik seperti menjelang Ramadan hingga kemarin sudah menyentuh angka Rp33.000 per kg dari sebelumnya sudah turun menjadi Rp28.000 per kg. “Harga sudah kembali naik jelang lebaran. Terbukti komoditas daging ayam ras sudah lebih dulu naik secara perlahan,” katanya di Medan, Rabu (29/6).

Dia tidak bisa memastikan apakah harga ini akan terus merangkak naik atau tidak. Yang pasti, mereka sebagai pedagang menginginkan tidak terjadi kenaikan lebih tinggi lagi karena akan menurunkan omset penjualan. “Kalau bicara mengenai pasokan, sebenarnya tidak ada masalah. Jadi kenaikan harga yang terjadi kemungkinan besar dikarenakan tingginya permintaan tapi kalau sudah terlalu tinggi, justru membuat omset kami menurun,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Ratna, pedagang di Pasar Petisah Medan. Harga daging ayam ras yang mengalami kenaikan signifikan dibandingkan komoditas lainnya. “Daging ayam ini harganya terus naik sampai hari ini (kemarin) sudah berkisar Rp32.000 hingga Rp33.000 per kg,” jelasnya. Selain itu, harga gula pasir juga belum juga mengalami penurunan dari pekan lalu yakni sebesar Rp18.000 per kg.

Selanjutnya harga cabai merah dijual dengan harga Rp27.000 per kg atau naik Rp1.000 per kg dari pekan lalu. Kemudian bawang merah masih tetap dijual dengan harga Rp28.000 per kg. Selain itu ada caba hijau Rp12.000 per kg, bawang putih Rp30.000 per kg serta tomat Rp5.000 per kg.

“Harga bumbu dapur memang masih stabil sampai sekarang ini terutama untuk cabai merah dan bawang merah yang biasanya paling cepat mengalami kenaikan harga. Saya khawatir tiga hari jelang lebaran nanti akan naik tinggi,” kata Tommy, salah seorang pedagang di Pasar Padang Bulan Medan.

Hal senada dikatakan pedagang lainnya di Pasar Pringgan. Dina, salah seorang pedagang mengaku beberapa hari setelah memasuki Ramadan harga cabai merah dan bawang merah sudah turun. Namun beberapa komoditas ada yang tetap bertahan tinggi seperti daging ayam ras dan gula.

Menurut pedagang, harga ini diperkirakan akan mengalami kenaikan lagi tiga hari jelang lebaran mendatang. Bagi mereka, hal itu sudah sangat wajar terjadi karena permintaan juga meningkat.

jelia amelida

Berita Lainnya...