Edisi 30-06-2016
Harga Sembako Terpantau Normal


KULONPROGO – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY kembali memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Wates. Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo ikut terjun langsung di lapangan memantau kenaikan harga.

Secara umum harga masih terpantau normal dan stok cukup menghadapi Lebaran nanti. Pantauan ini dilakukan TPID DIY bersama dengan Bulog, BI, dan Pemkab Kulonprogo.

Mereka menyisir kios dan los milik pedagang untuk memantau harga. Bahkan, beberapa pedagang sempat bertemu bupati dan berdiskusi mengenai kondisi pasar.

“Harganya masih normal, jika harganya naik juga wajar karena permintaan meningkat,” kata Hasto Wardoyo di sela pemantauan. Menurut bupati, harga daging sapi dan ayam memang agak tinggi.

Itu wajar karena ketika ada hajatan dan hari istimewa banyak warga memasak daging. Warga tidak perlu memaksakan untuk mengonsumsi daging. Mereka bisa beralih menggunakan ikan yang banyak dibudidayakan warga.

Pemkab juga siap menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga. Beberapa komoditas yang disiapkan berupa beras, gula pasir, bawang merah, hingga minyak goreng.

Operasi juga sudah dilaksanakan di beberapa kecamatan. “Hari ini operasi pasar di Girimulyo, masyarakat bisa membeli,” katanya. Assek II Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan, dari beberapa komoditas yang ada, semuanya masih terpantau normal.

Jika ada kenaikan masih dalam ambang batas normal. Ini tidak lepas dari hukum ekonomi ketika permintaan naik, maka harga akan ikut terdongkrak. Masyarakat, kata dia, tidak perlu khawatir dengan ketersediaan stok.

Bulog menjamin stok aman dan melimpah sampai Lebaran sehingga tidak perlu ada aksi borong dan lebih baik membeli sesuai keperluan. “Stok di Bulog masih aman, sampai lebaran tidak akan ada kekosongan,” katanya.

kuntadi

Berita Lainnya...