Edisi 30-06-2016
Lava Tour Targetkan 800 Wisatawan


SLEMAN – Pelaku wisata lava tour menargetkan kunjungan wisatawan 800 orang saat libur Lebaran nanti.

“Sekitar 800 pengunjung saja selama libur Lebaran. Itu sudah realistis,” kata Ketua Paguyuban Masyarakat Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Badiman, kemarin.

Menurutnya, jumlah pengunjung selama puasa ini pada hari biasa kisaran seratus orang. Lebih banyak penjua ljasa sewa Jeep dan Trail sehingga tak ada kegiatan. “Yang jelas, sepi. Menurun drastis,” tuturnya. Meski sepi, namun menurutnya objek wisata ini tetap mempunyai daya tarik sendiri. Para pelaku wisata pun terus bertambah.

“Saat ini untuk di kawasan Kinahrejo, sudah ada enam kelompok penyewa kendaraan. Itu belumlagi diluarKinah, masihada banyak,” ujarnya. Selain jumlah pelaku bertambah, juga diiringi dengan banyaknya objek atau fasilitas yang bisa digunakan.

“Rencanakedepan, juga kami akan membuat warung kopi Merapi,” ujarnya. Tidak jauh dari lava tour, di Desa Wisata Pulesari mematok target bisa dikunjungi 700 wisatawan selama libur Lebaran.

“Sudah 400 wisatawan yang memesan untuk libur Lebaran. Kami masih membuka pesanan,” kata Ketua Desa Wisata Pulesari, Doto Yogantoro. Iamengaku, karenatakadaobjek wisata yang dijualnya, juga sering berkoordinasi dengan pelaku wisata lava tour.

Wisatawan setelah selesai menikmati kehidupan alam desa, kemudian diajak pergi ke Kinahrejo. “Malam menginap, kemudian paginya menujuke Kinahrejo juga sudah biasa.

Yang jelas, program kami tidak bisa dipesan mendadak. Karena membutuhkan banyak persiapan,” katanya.

ridho hidayat

Berita Lainnya...