Edisi 30-06-2016
Hari Ini, Gubsu Lantik Bupati Madina


MEDAN - Hari ini, Kamis (30/6), Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi, atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan melantik Dahlan Hasan Nasution sebagai Bupati Mandailing Natal (Madina) dan M Jafar Sukhairi Nasution sebagai Wakil Bupati Madina periode 2016-2021.

Acara pengambilan sumpah atau janji jabatan dan pelantikan akan dilaksanakan di ruang Martabe Kantor Gubernur Sumut. “Kami sudah menerima surat keputusan (SK) pelantikan dari Mendagri,” kata Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Pemprov Sumut, Jimmy Pasaribu, di Medan, Rabu (29/6). Pelantikan hari ini merupakan rangkaian pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang keempat kalinya, hasil pilkada serentak Desember 2015 lalu.

Pelantikan pertama dilakukan pada Rabu (17/2) di Lapangan Merdeka Medan, pelantikan kedua pada Jumat (22/4) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta. Selanjutnya pelantikan ketiga dilakukan Jumat (10/6), dan hari ini pelantikan keempat. Dengan pelantikan bupati dan wakil bupati Madina, sudah 22 pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada Serentak Desember 2015 yang dilantik. Masa jabatan bupati dan wakil bupati Madina telah berakhir 28 Juni lalu.

Selanjutnya, Pemprov Sumut masih menunggu dua daerah lagi di Sumut yang bakal menggelar pilkada pada Februari 2017 mendatang, yakni Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dan Kota Tebingtinggi. Masa jabatan kepala daerah di kedua daerah tersebut berakhir pada Agustus 2016. “Setelah masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada Agustus nanti, sambil menunggu pilkada digelar, akan ditunjuk dulu penjabat (pj) bupati dan pj wali kotanya. Tapi sampai sekarang pj dua daerah itu belum ditetapkan,” kata Jimmy.

Pengamat Pemerintahan dari Universitas Sumatera Utara (USU), MuryantoAmin, mendorong Pemprov Sumut segera melantik bupati yang telah terpilih dalam Pilkada Desember 2015 lalu. Apalagi, jika kepala daerah tersebut sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan tidak ada lagi masalah. “Jangan lagi ditunggutunggu supaya kepala daerah dapat segera menjalankan programkerjanya danmembangun daerahnya,” ujar Muryanto.

lia anggia nasution

Berita Lainnya...