Edisi 30-06-2016
Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Inovatif Cegah Anak Hilang


YOGYAKARTA – Kasus anak hilang menjadi salah satu kasus yang meresahkan masyarakat, terutama para orang tua.

Menurut catatan Komnas Perlindungan Anak (PA), sepanjang tahun 2014, kasus anak hilang hampir menyentuh angka 200 kasus dengan rata-rata 100 kasus per tahun.

Berlatar belakang persoalan tersebut, sekelompok mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berinovasi mengembangkan sistem bernama Genah (Gelang Anti Anak Hilang). Mereka adalah Lutfi Nur Indrawan, Ide Ayu Astuti, Ratri Ardanariswari, Arina Makarimal Fasya, dan Naafi Aryanta.

“Kami tertarik mengembangkan suatu sistem yang terintegrasi untuk memudahkan orang tua dalam memantau anaknya.

Genah sendiri menggunakan Global Positioning System (GPS) sebagai sistem melacak posisi atau lokasi sang anak,” kata Ketua Tim Lutfi Nur Indrawan di Kampus UNY, kemarin.

Lutfi menjelaskan, Genah berupa gelang yang bisa dipakaikan pada anak. Alat tersebut ditunjang dengan box receiver berfungsi sebagai server atau basis data untuk mengonversikan data koordinat bujur lintang menjadi data berupa lokasi.

“Genah bekerja dengan cara mengirimkan data berupa lokasi kepada pengguna dengan memanfaatkan GPS tracker sehingga pengguna tidak perlu mengonversi lagi,” kata Lutfi.

Lebih jauh Ratri menjelaskan, cara kerja alat tersebut, yaitu ketika seorang anak dalam keadaan terpisah dari orang tua maupun sedang dalam bahaya, maka anak bisa menekan tombol call (simbol gagang telepon) pada gelang.

Oleh Genah, sinyal itu akan direspons berupa panggilan langsung ke nomor orang tua. Dalam waktu bersamaan, Genah juga akan mengirim SMS berupa link google maps koordinat bujur dan lintang lokasi ke nomor telepon orang tua serta ke nomor server Genah.

“Orang tua yang memiliki smartphone bisa memanfaatkan fitur google maps, sedangkan yang tidak menggunakan smartphone bisa memanfaatkan fitur dari server Genah.

Selanjutnya Genah akan mengirimkan SMS berisi nama area lokasi keberadaan sang anak,” kata Ratri.

Ratri mengatakan, dengan ada Genah, mereka berharap mampu meminimalisasi kekhawatiran orang tua terhadap kasus anak hilang serta meminimalisasi angka anak hilang yang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

ratih keswara

Berita Lainnya...