Edisi 30-06-2016
Warga Diimbau Giatkan Ronda Malam


PURWOREJO – Kapolres Purworejo AKBP Satrio Wibowo meminta masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Lebaran.

Sebab tindakan kejahatan biasa terjadi dalam kondisi menjelang Lebaran seperti saat ini. “Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati- hati jika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Sebab kejahatan dan pelaku kejahatan selalu mengintai, menunggu lengahnya pemilik rumah,” ujar AKBP Satrio Wibowo, kemarin. Kapolres mengingatkan warga agar mengunci semua pintu dan jendela apabila hendak meninggalkan rumah.

Selanjutnya dititipkan rumah kepada tetangga sebelah dan menyalakan lampu bagian depan rumah. Dia pun meminta kepada masyarakat kembali menggiatkan ronda malam.

“Kalau perlu ronda kembali digiatkan. Jangan justru kendur ronda menjelang liburan Lebaran,” katanya. Pada bagian lain, kapolres menjelaskan, pihaknya akan menerjunkan 445 personel dalam mengamankan situasi libur Lebaran tahun ini.

“Seluruh kekuatan 445 personel akan kami fokuskan memberikan rasa aman untuk masyarakat agar bisa menikmati Lebaran,” katanya. Pihaknya juga akan mendirikan satu pos terpadu di perbatasan Kabupaten Purworejo dan Kulonprogo, lima pos pengamanan, dan sebuah pos pelayanan.

“Untuk pos terpadu di perbatasan Purworejo-Kulonprogo, Yogyakarta, akan diisi separuh dari kekuatan kita dan separuh lagi personel dari kepolisian Kulonprogo,” kata kapolres. Untuk pos pelayanan, pihaknya memilih lokasi di depan SAC Kecamatan Butuh atau Jalan Raya Purworejo-Kebumen.

Jajaran Polres juga menyiapkan beberapa jalur alternatif menghindari kemacetan arus lalu lintas.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Purworejo Agus Budi menyatakan, jajarannya siap mengamankan ruas jalan utama. Dishubkominfo telah menghidupkan seluruh rambu lalu lintas.

hery priyantono


Berita Lainnya...