Edisi 03-07-2016
ORI Buka Gerai Aduan Mudik


YOGYAKARTA– Ombudsman Republik Indonesia (ORI) membuka gerai aduan mudik Lebaran 2016. Ombudsman juga akan melakukan kunjungan on the spot pada H-3 sampai H+3 Lebaran ke berbagai instansi publik yang berhubungan dengan kegiatan mudik.

Kepala ORI Perwakilan DIY - Jateng Selatan Budhi Masthuri mengatakan, GeraiAduanMudik sebenarnya dibuka ORI pusat. Namun, daerah turut menyosialisasikan keberadaan gerai aduan tersebut kepada masyarakat. Aduan terkait persoalan yang timbul selama mudik berpotensi muncul di semua daerah. ”Kalau di daerah kami menunggu dari pusat.

Nanti kalau ada aduan dari daerah masuk ke ORI pusat, tinggal bagaimana kebijakan penanganannya. Apakah langsung ditangani pusat atau didelegasikan kepada kami yang ada di daerah. Kami siap jika didelegasikan penanganannya,” ungkap Budhi di Yogyakarta kemarin. Masyarakat yang ingin menyampaikan aduan, ungkap Budhi, bisa melalui pesan singkat di nomor 081311009204 atau dikirim melalui email ke alamat pengaduan@ ombudsman.go.id .

Budhi melanjutkan, jenis pengaduanyangdisampaikantidak hanya meliputi transportasi yang umumnya diwarnai kemacetan, tapijugaterkaitkepolisian, perhubungan, hingga jalan. ”Semuaaduanterkaitpenyelenggaraan mudik lebaran tahun ini bisa disampaikan ke kontak yang disediakan,” paparnya.

Hal yang sama juga dilakukan pengelola Terminal Pulogadung, Jakarta. Mereka juga membuka layanan pengaduan (call centre ) 24 jam bagi pemudik yang memiliki keluhan terhadap tarif tiket angkutan Lebaran, praktik percaloan, pelayanan terminal, serta kasus kriminalitas seperti pencopetan, pembiusan, dan hipnotis. Kepala Termilan Pulo-gadung M Arafat mengatakan, layanan ini dibuka sepanjang 21 Juli - 4 Agustus 2014. Nomor telepon layanan pengaduan itu adalah 082311322921.

sodik/yan yusuf