Edisi 19-08-2016
Pengunjung Perpustakaan Medan Dapat Hadiah


MEDAN - Perpustakaan Kota Medan terus berupaya meningkatkan minat masyarakat mengunjungi perpustakaan yang beralamat di Jalan Iskandar Muda Nomor 270 Medan itu. Salah satunya dengan memberikan hadiah telepon seluler (ponsel) kepada pengunjung.

Kepala Kantor Perpustakaan Kota Medan, Januari Pane, mengatakan, pemberian hadiah kepada pengunjung tersebut berdasarkan penilaian dari jumlah kunjungan, jumlah buku yang dipinjam, pengembalian, daftar tamu, kejujuran, sopan santun, dan pengetahuan tentang perpustakaan serta Kota Medan. Pemberian hadiah ini sudah kedua kalinya pada tahun ini. Terbukti program ini ditambah pembenahan fasilitas, bisa membuat masyarakat semakin tertarik dan nyaman mengunjungi Perpustakaan Kota Medan.

“Kami tidak akan berhenti mengajak masyarakat datang ke perpustakaan karena ini merupakan gudang ilmu pengetahuan. Salah satunya dengan program memberikan hadiah kepada pengunjung. Tapi tetap perlu diingat, datang ke perpustakaan sini untuk menambah ilmu pengetahuan,” ungkap Januari kepada KORAN SINDO MEDAN , Kamis (18/8). Januari menjelaskan, pemberian hadiah ponsel kepada pengunjung perpustakaan digelar setiap tiga bulan sekali.

Untuk triwulan kedua tahun ini, yang berhasil menjadi juara pertama adalah Habib Asyrafy, mahasiswa S-2 Universitas Sumatera Utara (USU) sekaligus guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Medan. “Juara pertama, kedua dan ketiga dikasih ponsel, sedangkan yang masuk dalam kategori kami berikan bingkisan. Ini akan terus kami lakukan untuk memotivasi masyarakat mengunjungi dan membaca di Perpustakaan Kota Medan,” katanya.

Sementara Habib Asyrafy yang meraih Juara Pertama Pengunjung Terbaik Perpustakaan Kota Medan Triwulan II Tahun 2016 mengaku baru mengetahui ada penilaian yang dilakukan PerpustakaanKotaMedanterhadap pengunjung. Pemberian hadiah tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada pengunjung.

Pengunjung pun akan semakin termotivasi untuk terus berkunjung ke perpustakaan yang lokasinya berdekatandenganKantorDinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemko Medan dan KantorCamatMedanPetisahitu. “Saya memang suka ke perpustakaan untuk baca buku. Kalau ke Perpustakaan Medan, saya lebih suka baca buku sastra dan filsafat sedangkan kalau untuk buku-buku Matematika biasanya saya baca di Perpustakaan USU,” tuturnya.

Habib tetap mengharapkan agar Perpustakaan Kota Medan menambah koleksi buku dan menambah jadwal perpustakaan keliling. Selain itu dia berharap ada apresiasi bagi para pengunjung yang aktif meminjam buku. “Ada level pinjaman yang artinya kalau sudah menjadi peserta aktif, sudah lama, dan jujur, bisa diberikan pinjaman lebih dari tiga,” ucapnya.

irwan siregar

Berita Lainnya...