Edisi 21-08-2016
Hotel Pemkab Tasikmalaya Kesulitan Kejar Target PAD


TASIKMALAYA - Pengelola Mess Pemda atau hotel milik Pem kab Tasikmalaya di kawasan Pantai Sindangkerta, Ke camatan Cipatujah, Ka bu - paten Tasikmalaya, mengaku ke limpungan mendapatkan beban untuk mengejar target peng hasilan Rp60 juta setiap tahunnya.

Pasalnya fasilitas yang ada di kawasan tersebut sangat minim sehingga jarang se kali para pengunjung yang me mang dengan sengaja me - ngi nap di sana. Bukan hanya itu, harga yang ditetapkan pada perda pun sangatlah rendah dimana satu faviliun yang berisi 4 ka - mar saja hanya dengan harga se wa Rp350.000.

Kemudian fa viliun yang biasa di per gu na - kan Bupati dan Wakil Bupati di hargai Rp300.000 serta sewa kamar-kamar kecil hanya Rp100.000. Harga itupun dinilai sulit untuk dinaikkan, karena mi - nim nya fasilitas yang di se dia - kan seperti AC yang mati, tidak ada TV, hingga fasilitas kursi, pin tu, ranjang, dan kasur, ser - ta interior lainnya yang m e - mang nyaris tidak terawat.

“Di sini hanya ada 5 fa vi - liun dan 11 kamar dengan kon disi yang memang fa si li - tas nya ku rang. Hal itu me - nyu litkan ka mi untuk me - naik kan har ga nya, makanya kalau untuk ta mu kami hanya me ngan d a l kan pada hari libur besar saja,” tu tur Koordinator Pengelola Mess Pemkab Tasikmalaya di Pan - tai Sindangkerta, Ke ca mat - an Cipatujah, Kabupaten Ta - sikmalaya Dede, 40.

Namun, lanjut Dede target sebesar Rp60 juta pertahun yang diminta sangatlah berat di rasakannya. Tahun 2016 ini saja hanya baru tercapai se te - ngahnya atau Rp30 juta. Me s - ki pun masih ada libur besar se - perti Natal dan Tahun Baru nan ti, target itu pun pesimistis bisa tercapai.

Dia berharap Pemkab Ta - sik malaya melakukan pe na ta - an lebih baik lagi terhadap sa - lah satu asetnya tersebut deng - an melakukan perawatan atau me lakukan peningkatan kua - li tas dengan melakukan pem - ba ngunan. “Saya rasa kalau memang ak an dibangun lebih baik lagi, pas ti jumlah kunjungan akan se makin banyak.

Apalagi di Pan tai Sindangkerta ini hanya ini hotel satu-satunya yang ada,” kata dia. Ketua DPD KNPI Ka bu pa - ten Tasikmalaya Nana Su mar - na berpendapat, pada RPJMD pe riode kedua pemerintahan Bupati Tasikmalaya Uu Ruz - hanul Ulum dan Ade Sugianto terdapat visi misi terhadap pengembangan pariwisata.

Salah satu upaya ke ber pi - hakannya maka bisa dimulai dengan melakukan penataan aset miliknya sendiri yang setiap tahunnya mendulang penghasilan, memberikan sum bangan kepada PAD mes - ki pun dikelola seperti asal-asa - lan saja. “Kenapa saya bilang seperti asal-asalan, karena ke ber ada - an nya Mess Pemkab Ta sik ma - laya itu seperti itu saja sejak da - hu lu nyaris tidak ada sentuhan pembangunan. Kalau mau di - tata, dibangun dengan kon sep yang bagus, maka saya yakin pengunjung pun akan datang dan mau menginap disana,” ucapnya.

nanang kuswara

Berita Lainnya...