Edisi 21-08-2016
Maung Bandung Siap Terkam The Army


BANDUNG– Hasil positif Per sib Bandung mengempaskan Ba rito Putera dengan skor 2-0 pa da laga pekan ke-15 Ind o ne sia Soccer Championship (ISC) A, Sabtu (13/8) lalu, di ha rap kan kembali terulang dalam la ga di Stadion Pakansari, Ci bi - nong, Kabupaten Bogor, nanti ma lam.

Kendati tidak akan me me nga ruhi posisi di klasemen se - men tara Persib yang saat ini ma sih berada di peringkat 7, tapi jika Maung Bandungmam pu mengalahkan The Army, ju lukan PS TNI, poin yang di pe roleh menyamai Semen Pa - dang dengan 26 poin di pe ring kat ke-6 (hanya selisih gol).

Tempat berlangsungnya la ga yang sama saat Atep dkk meladeni Laskas Antasari, yakni Stadion Pa kan sari, menjadi modal besar bagi Maung Bandunguntuk bisa kem - bali memetik poin penuh. Sebab, berdasarkan penga la man laga sebelumnya, mes kipun bermain di luar Kota Ban dung, animo bobotohcu kup besar.

Kondisi serupa juga dip er ki rakan akan kembali terjadi da lam laga yang akan ber lang ung pukul 19.00 WIB ini. Mes - ki kali ini Persib berstatus se ba gai tamu, tapi antusiasme bo - bo tohdiperkirakan tidak akan jauh berbeda dengan saat Pa - ngeran Biru menjamu Barito Pu tera, pekan lalu.

Walau demikian, juru tak tik Persib Djadjang ‘Djanur’ Nur ja man tak mau terbe leng gu dengan pengalaman pekan la lu. Sebab, hoki yang didapat saat bermain di Stadion Pa - kan sari, tak hanya dialami oleh Per sib. Hal serupa juga dialami oleh calon lawan, PS TNI yang le bih dulu menggunakan sta dion tersebut sebagai home ba se.

Menurut Djanur, ke pin da han PS TNI dari Stadion Si li - wa ngi ke Pakansari, telah mem ba wa berkah bagi anak asuh Suharto AD itu. Keberhasilan M Abduh Lestaluhu dkk me - nya pu bersih empat laga kan dang mereka cukup menjadi bukti bahwa PS TNI bukan tim yang mudah ditaklukan ketika ber main di kandang sendiri.

“PS TNI menjelma menjadi kekuatan tersendiri. Setelah pin dah ke Pakansari, PS TNI me nunjukkan peningkatan sig ni fikan, empat kali berlaga di sini selalu menang. Jadi, jika ingin menang, kami harus ker ja keras,” kata Djanur saat te mu media seperti dilansir situs res mi tim, kemarin. Sadar lawan berpotensi mem bu yarkan harapan Per - sib, Djanur mengemu ka kan, pa ra pemain harus memiliki mo tivasi lebih tinggi diban - ding tuan rumah.

Selain itu, me reka harus menjaga gaya per mainan seperti saat men ja - mu Barito Putera pekan lalu. Apa lagi jika ingin target me - me tik tiga poin dua kali ber tu - rut-turut tercapai. “Kami tak bo leh kalah motivasi, tak bisa bias a-biasa saja. Dukungan bo- botoh jadi modal. Kami akan me nerapkan pola sama, tapi ka mi mengajak pemain lebih pin tar,” ujar dia. Hal serupa diungkapkan kap ten Persib, Atep.

Dia men - je laskan, keberhasilan Persib yang pernah menundukan PS TNI saat BhayangkaraCup de - ngan skor 2-0, tidak bisa di ja di - kan tolok ukur bahwa laga mala mi ni akan berjalan mudah. Se - bab, Persib juga sempat di tak - lukkan oleh PS TNI, di piala Jen deral Sudirman dengan skor sama, 2-0. “Kami tahu, mereka pe - main yang ngotot juga. Me - mang mereka pernah kalah oleh kami, tapi kami juga per - nah kalah.

Jadi pertandingan be sok bukan berarti kami bisa main mudah,” pemilik nomor punggung 7 itu. Namun demikian, dia tetap optimistis dalam laga nanti MaungBandungakan mem pe - ro leh hasil maksimal. Sem a - ngat tinggi yang dimiliki re - kan-rekannya, cukup menjadi be kal bagi Persib untuk bisa me wujudkan target memetik poin penuh.

“Kami dalam kondisi baik dan kami sudah antisipasi me - reka juga. Artinya, secara se - mangat, kami lebih dari me - reka. Apalagi kami sepakat sa - pu bersih. Kami harus lebih se - mangat dari mereka,” jelas pria berjuluk LordAtepini. Sementara itu, asisten pe - la tih PS TNI Edi Syahputra me nga takan, jajaran pelatih su dah menyiapkan strategi khu sus untuk menundukan Per sib Ban dung. Menghadapi Per sib, ka ta Edi, PS TNI tidak akan hanya fokus kepada pe - main tertentua.

Mematikan per mainan Persib secara tim, men jadi salah satu kunci agar PS TNI bisa menjaga tren po si - tif laga kandang. “Kami tak an tisipasi per - individu pe main, ta pi kolek - tivitas per mai nan Per sib. Kami sudah per siapkan se - muanya. Kami akan ber main kolektif seperti laga-laga se - belumnya,” kata Edi. Dengan kembali me ne rap - kan formasi 4-2-3-1, Edy ber - ha rap anak asuhnya bisa mem - buat permainan Persib tak ber - kem bang.

Dengan demikian, Le gimin Raharjo dkk di ha rap - kan bisa lebih leluasa untuk men jalankan setiap instruksi yang diberikan pelatih Su har - to AD. Kepercayaan diri Edi meng - hadapi laga nanti sore juga, se - makin tinggi lantaran kedua tim pernah bertemu dalam se - buah turnamen sebelumnya. Da lam dua laga tersebut, PS TNI masing-masing memetik sa tu kemenangan dan me ne - lan satu kekalahan (Piala Jen - de ral Sudirman 2-0 untuk PS TNI dan Bhayangkara Cup 2-0 un tuk Persib).

Berbekal dari pertemuan ter sebut, Edi mengaku dirinya su dah mencoba untuk me nge - va luasi, termasuk penyebab ke kalahan dan kemenganan yang diperoleh anak asuhnya itu. “Dapat saya pastikan kita te lah mempelajari kelemahan dan kelebihan mereka. Kita akan tampilkan permainan ka - rak ter PS TNI.

Kita dikasih tar - get harus sapu bersih sisa laga pu taran pertama ini dan kita akan berusaha amankan itu,” tambah Edi. Rasa penuh percaya diri ju - ga tumbuh pada pemain be la - kang meraka, Wiganda Pra di - ka. Ditegaskan dia, saat ini re - kan-rekannya cukup memiliki mo tivasi bertanding yang ting gi dan pantang menyerah.

“Sebelumnya kita sudah ber temu, menang di Piala Jen - de ral Sudirman dan mereka me nang saat Bhayangkara. Jadi, untuk pertandingan ini kami lebih siap dan lebih semangat. Kami pantang me - nye rah,” kata Wiganda.

inin nastain

Berita Lainnya...