Edisi 21-08-2016
Menu Indo-Italiano dalam Balutan Merah Putih


Makanan kafe atau restoran di bulan Agustus kerap disangkutpautkan dengan tema serbamerah putih. Ini kemudian menginspirasi Hotel Best Western La Grande Hotel Bandung untuk menyajikan varian kuliner unik dengan nuansa patriotisme.

Misalkan saja menu tumpeng merah putih. Seperti umumnya nasi tumpeng yang dibentuk segitiga, menu ini menyajikan tiga varian nasi yakni nasi kuning, nasi merah, serta nasi putih. Untuk nasi kuningnya diolah sebagaimana umumnya nasi tumpeng, sedangkan nasi merah dan putih disajikan bertingkat pada lapisan kedua dan ketiga setelah nasi merah.

Menurut sang Executive Chef Saryonom, nasi tumpeng ini disajikan dengan berbagai lauk pauk yang dipastikan dalam satu porsinya akan membuat Anda kenyang dan bahkan tak berhenti untuk mengunyah. Pasalnya, menu ini tidak hanya disajikan dengan goreng ayam yang gurih, namun juga udang, perkedel kentang, irisan telur dadar, dan sambal orek tempe plus teri, lengkap dengan sambal pedas, yang dijamin akan membuat Anda ketagihan.

“Layaknya nasi tumpeng besar, kita sajikan namun dengan ukuran yang kecil. Satu porsinya memang untuk satu orang, tapi dijamin cukup membuat Anda kenyang seharian,” ujar sang chef. Tak hanya itu, sajian istimewa lainnya bisa Anda cicipi fish piccata dengan sambal matah. Menu satu ini merupakan kolaborasi antara menu tradisional Indonesia dengan Italia.

Pada menu ini disajikan ikan laut atau white fishyang dibumbui garam dan merica. Untuk menghilangkan bau anyir ikan laut dan menambah cita rasa daging ikan yang khas, maka diberikan perasan air lemon dan keju parmesan. Untuk pembuatannya, daging ikan yang sudah dibumbui kemudian dipanggang dengan mentega selama 7 menit.

Cukup dengan dimasak seperti itu saja, maka rasa daging ikan yang khas, gurih, dan lebih menyehatkan bisa Anda santap. Agar menambah selera makan, rasanya tidak lengkap jika tidak disajikan dengan sambal matah yang terkenal dengan rasanya yang khas. “Pembuatan sambal matahnya pun cukup sederhana, tinggal mengiris bawang merah, bawang putih, serai, bawang daun, jeruk nipis, dan disiram dengan minyak panas.

Agar rasanya lebih mantap bisa ditambahkan pula dengan sedikit terasi matang,” terang Saryono. Bagi Anda pencinta kuliner daging merah, bisa mencicipi sajian menu beef rendang pizzayolla. Seperti umumnya memasak rendang, daging sapi yang sudah dibumbui diberi tomat dan keju mozzarella di atasnnya.

Agar meleleh, keju yang sudah ditempatkan di atas rendang kemudian dimasukkan ke dalam oven selama kurang lebih 6 menit. Kemudian tambah dengan hiasan cantik seperti paprika merah, paprika kuning, paprika hijau, dan juga pesto.

anne rufaidah

Berita Lainnya...