Edisi 21-08-2016
Selalu Berusaha Berinovasi


Inovasi merupakan ide untuk menghasilkan sesuatu hal yang baru sama sekali. Inovasi tercipta melalui proses kreatif seseorang yang didasari oleh ketekunan dan keuletan seseorang dalam menekuni suatu pekerjaan apa pun yang dilakukannya.

Hal ini pula yang dilakukan Aliya Era Kartika dalam menekuni bisnisnya. “Bila tidak inovatif, akan sangat sulit sekali bersaing di era persaingan bisnis seperti sekarang. Sehingga, pengusaha itu wajib kreatif dan inovatif agar setiap produk yang dihasilkan bernilai daya jual lebih tinggi dan disukai konsumennya,” ujarnya.

Melalui proses kreatif ini pula, Aliya mampu menyulap ubi khas Desa Cilembu, Kabupaten Sumedang yang rata-rata harga normalnya hanya Rp10.000/kg menjadi bernilai jual tinggi setelah diolah. “Ubi cilembu yang asli dari Desa Cilembu ini memang sudah dikenal luas hingga ke mancanegara. Biasanya jenis umbi-umbian ini, termasuk ubi cilembu dinikmati hanya dengan dikukus atau dibakar.

Saya tertarik mengolah ubi cilembu ini menjadi kue lapis karena rasa penasaran saya. Namun ternyata, olahan saya ini juga digemari masyarakat luas. Dengan diolah menjadi lapis, dan bolen nilai jualnya menjadi semakin tinggi dan digemari,” tuturnya. Untuk menarik minat masyarakat lebih luas, lanjut dia, Kartika Rasa juga menawarkan anek rasa lapis dan bolen Sumedang berbahan baku ubi cilembu.

Varian rasa yang ditawarkan pun cukup beragam. “Ada lebih dari sepuluh rasa yang ditawarkan, mulai dari rasa original, keju, blasteran kacang hijau, blasteran oreolatte, blasteran pandan wangi, blasteran talas, vanila, hingga yoghurt. Untuk penjualan, hampir rata semua, yang paling laku ada rasa keju,” sebutnya.

Dengan stok bahan baku ubi cilembu yang berlimpah, Aliya optimistis, usaha yang dirintisnya ini akan makin digemari. “Peminatnya semakin banyak. Tidak hanya di Sumedang tapi juga di luar Sumedang. Banyak yang datang ke outletadalah warga asal luar Sumedang yang membelinya sebagai oleh-oleh asli Sumedang.

Tentunya, saya bangga karena dengan ini saya bisa lebih mengenalkan Sumedang ke dunia luar. Baik itu wisatanya, khususnya semakin menambah keragamaan jajanan kuliner khas Sumedang,” katanya.

aam aminullah

Berita Lainnya...