Edisi 21-08-2016
Kesadaran Warga Jaga Ekosistem Tinggi


SLEMAN – Perburuanliarburung yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) maupun hutan rakyat perbatasannya jarang ditemukan. Ini membuktikanmasyarakat yangtinggal di sekitarnya mempunyai kepedulian tinggi dalam menjaga ekosistem alam.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pranabinangun, Pakem, Sleman, Christian Auwy mengatakan, saat ini sudah tak ditemukanpara pemburuburung liar yang hidup di sekitar lereng Merapi. “Perburuan burung itu tidak boleh,” katanya kemarin. Dia mengatakan, masyarakat sekitar telah diberikan edukasi.

Terutamagenerasimuda yangada di sekitar kawasan Kaliurang. “Beberapa pemuda di Kaliurang kamiberikanbekaluntukmenjadi guide serta bagaimana upayanya dalampengembanganekowisata. Alam yang dijadikan sebagai tempat wisata, harus tetap dijaga,” tutur Christian Auwy yang juga guide turis asing melakukan pendakian sisi selatan sampai Pos I Srimanganti tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan Musimin, warga Turgo, Purwobinangun, Pakem. Dia mengatakan, di sekitar wilayahnya tak ada perburuan burung liar. Bahkan sering mahasiswa atau komunitas masyarakat yang terlebihdulubekerjasamadengan TNGM melakukan pelepasliaran burung. Jenis burung memang harus tertentu atau sudah ada di Merapi.

ridho hidayat

Berita Lainnya...