Edisi 21-08-2016
Warga Sleman Masih Membuang Sampah ke Sungai


SLEMAN– Pemkab Sleman menyayangkan perilaku masyarakat yangmasihmembuangsampahdi sungai.Perilaku ini tak hanya menyebabkan tercemarnya sungai, namun juga menimbulkan bencanabanjir, saat musimhujan.

Atas kondisi tersebut, berbagai program kebersihan sungai terus digalakkan pemkab, di antaranya program kali bersih (prokasih). Selain itu, juga ada sanksi tegas bagi masyarakat yang ketahuan membuang sampah di sungai. Yaitu denda dan juga diproses dipengadilan. Assekda Bidang Adminsitrasi Pemkab Sleman Djoko Handoyo mengatakan untuk menjadi kebersihandanmenjagalingkungan terus melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat.

Untuk kebersihan sungai, yakni dengan tidak membuang sampah ke sungai. Termasuk, jika mengetahui ada yang membuang sampahkesungaimaumelaporke instansi terdekat. “Laporan pasti akan kami tindaklanjuti,” kata Johan panggilan Djoko Handoyo saat kerja bakti dan penebaran bibit ikan nila merah di sungai Bedog, Panggukan, Sleman, baru-baru ini.

Menurut Johan hal yang lebih penting lagi, yaitu kesadaran dan motivasi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Hal tersebut dapat diterapkan untuk selalu peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar, termasuk sungai. Termasuk tidak mencari ikan di sungai dengan menyetrum atau bahan peledak. Sebab tindakan itu bukan saja tidak diperbolehkan, tetapi juga berakibat punahnya habitat yang ada di sungai, khususnya ikan.

“Cara yang diperbolehkan menangkap ikan di sungai hanya dengan memancing atau dengan jala atau jaring,” tandasnya. Untuk itu, meminta masyarakatdapatmenjagaikannilayang ditebar ini. Sehingga nantinya ikan tersebut bisa bermanfaat. Baik untuk konsumsi guna menambah gizi keluarga, maupun kebersihan sungai itu sendiri.

Kabag Humas Pemkab Sleman Sri Winarti menambahkan bibit ikan nila yang ditebar di sungai Bedog, Pangukan itu, 25 kg. Penerbaran benih ikan ini, selain dalam rangka gerakanprokasih , juga rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan ke 71 RI tingkat Sleman.

priyo setyawan

Berita Lainnya...