Edisi 21-08-2016
Gustavo Giron Paling Rentan Didepak


MALANG – Jajaran manajemen dan pelatih Arema Cronus bakal mulai fokus pada evaluasi tim pada putaran pertama. Setelah laga kontra Pusamania Borneo FC (PBFC) pada Sabtu (20/8), rencananya sudah ada pembicaraan serius terkait rapor pemain.

Khusus evaluasi putaran pertama, kinerja pemain asing kelihatannya menjadi objek utama atau perhatian khusus. Maklum, kualitas pemain asing di Indonesia idealnya melebihi kemampuan rata-rata pemain domestik dan terkadang sering dianggap sebagai kekuatan spesial. Jika memang demikian, tidak terlalu sulit untuk melihat siapa legiun asing yang posisinya paling rentan di Arema.

Melihat kualitas permainan, kepercayaan pelatih, hingga progres pemain sendiri, semua tentu menunjuk nama Gustavo Giron Marulanda. Selama ini sang bomber rating-nya masih kalah dengan pemain asing lain seperti Esteban Vizcarra, Srdjan Lopicic, maupun Goran Gancev. Sepanjang putaran pertama dia gagal menunjukkan konsistensi, terutama mencetak gol, walau bermain dalam 11 pertandingan.

Baru mencetak dua gol dan belum menjadi pemain bertipe ”pengubah keadaan”, Giron menjadi pilihan kesekian bagi Pelatih Milomir Seslija. Dia bahkan masih kalah menjanjikan jika dibandingkan Cristian Gonzales, pemain yang jauh lebih tua usianya. ”Kami belum menginjak pada detail evaluasi setiap pemain.

Kami baru akan membicarakannya setelah pertandingan lawan PBFC. Yang jelas, manajemen akan menerima rapor semua pemain dan akan menjadi pertimbangan untuk putaran kedua,” ungkap General Manager Arema Cronus Ruddy Widodo. Pemain asing diakuinya akan mendapat perhatian khusus karena kualitasnya tidak boleh setengah-setengah atau harus di atas pemain lokal.

Namun, sekali lagi, Ruddy tidak menyebut siapa yang berpeluang terpental dari keempat pemain asing yang ada. ”Masih ada pertandingan sisa putaran pertama, jadi masih ada kesempatan bagi pemain untuk memperbaiki rapor mereka. Kita tunggu saja bagaimana evaluasinya nanti. Yang jelas upaya perbaikan, termasuk lewat pergantian pemain, akan dilakukan kalau dirasa perlu,” tandas Ruddy.

Nama Giron sudah lama disebut sebagai pemain yang paling berpeluang didepak pada pertengahan musim. Pelatih Milomir Seslija juga terkesan agak bingung menempatkan Giron karena baik sebagai striker utama maupun sayap sama-sama belum meyakinkan.

kukuh setyawan

Berita Lainnya...