Edisi 21-08-2016
Penertiban Mobil Penjual Paket Internet Tak Konsisten


MEDAN– Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kota (Pemko) Medan dinilai tidak konsisten menertibkan mobil penjual paket internet yang semakin menjamur di banyak titik di Kota Medan.

Dari beberapa kali penertiban yang dilakukan, Dishub sekadar meminta para pedagang untuk menutup usahanya. Saat tim penertiban pergi, para pedagang pun kembali berjualan, bahkan jumlahnya semakin bertambah. Hal ini dilihat di beberapa kawasan di Kota Medan seperti, di Jalan dr Mansyur, Jalan Halat, Jalan Kapiten Purba, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Djamin Ginting, dan lainnya.

Keberadaan pedagang tersebut menimbulkan kemacetan dan juga tidak memberikan kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Mobil tersebut terparkir satu harian di tepi jalan umum dan juga sudah berubah fungsi menjadi mobil memuat barang dagangan seperti layaknya pikap dan truk. “Seharusnya ada penindakan tegas karena pedagang itu membuat kawasan yang sudah macet menjadi lebih macet.

Dishub jangan sekadar mengimbau maupun mengusir. Soalnya besok atau lusanya pedagang pasti kembali lagi berjualan kalau hanya diusir begitu saja,” kata warga Jalan Djamin Ginting, Darman Harahap, Sabtu (20/8). Kepala Bidang Parkir Dishub Pemko Medan SP Tambunan menegaskan sudah berulang kali menertibkan pedagang, tapi pedagang kembali berjualan.

Saat ini penertiban dilakukan di Jalan Sisingamangaraja dan kawasan pinggiran lain ”Kami akui penertiban memang sebatas itu saja, tidak bisa lebih. Kami hanya berharap kesadaran pedagang sajalah,” ungkap SP Tambunan.

reza shahab

Berita Lainnya...