Edisi 21-08-2016
China Gali Potensi Investasi di Sumsel


PALEMBANG- Provinsi Sum - sel terus menawarkan Ka wasan Eko nomi Khusus (KEK) Tan - jung Api-Api (TAA), kawasan Jakabaring dan lainnya kepada para in vestor. Kemarin, dele gasi Chi na yang tertarik untuk menggali potensi kerja sama dengan Sumsel.

Hal itu terungkap dalam per - temuan tertutup Gu ber nur Sumsel Alex Noerdin de ngan De legasi China, di Gri ya Agung, kemarin. Head of Indonesian Organization Investment & Trade, Tri Tar-sono meng ung - kap kan, dalam pertemuan itu, delegasi China menunjukkan keseriusannya untuk ber in vestasi di Sumsel.

Namun, se jauh ini delegasi China terse but masih meng - gali po ten si kerja sama yang akan dila kukan de ngan Peme - rin tah Provinsi (Pem prov) Sumsel. ”Saat ini masih didis kusikan kerja sama dalam bidang apa saja yang akan dilakukan de le - gasi China ter se but di Sumsel,” kata Tri. Menurutnya, beberapa daerah potensial di Sumsel su - dah ditawarkan kepada delegasi China tersebut.

”Ka wa san Jaka - baring juga daerah yang po-ten - sial dan itu juga sudah di ta - warkan. Saat ini, delegasi China ter-sebut masih fokus menggali potensi lainnya di Sumsel untuk berinvestasi,” ujar nya. Hanya saja, kata Tri, be be ra - pa ketertarikan bidang ker ja sama sudah disebut-sebut oleh delegasi China tersebut.

Seperti investasi di bidang fiber optic (FO) yang saat ini menjadi tren dan investasi di bidang hotel. Dengan adanya hal itu, ten - tunya delegasi China tersebut sudah melihat potensi investasi yang ada di Sumsel. Dengan kata lain, itu membuktikan ada nya keseriusan dari investor asing untukmenanamkanmodalnya di Sumsel.

Terlebih, saat ini Sumsel sudah mengalami kemajuan pesat di berbagai bidang dengan ditunjang infrastruktur yang memadai. ”Untuk FO tentunya dilakukan di kota. Saat ini FO tersebut sedang diminati. Jadi kecenderungan untuk demand FO itu tinggi,” jelasnya. Disinggung mengenai ada - kah ketertarikan delegasi China tersebut akan melakukan kerja sama di bidang transportasi, Tri menyatakan, sejauh ini belum ada pembahasan terkait hal itu.

”Transportasi belum ada. Ka re - na light rail transit (LRT) sejauh ini cukup sukses. Sumsel per ta - ma kali provinsi yang akan mempunyai LRT,” tegasnya. Tri menambahkan, jika nan - tinya terjadi kesepakatan, maka segera dipetakan bisnis yang dipilih. ”Saat ini masih dikaji bidang yang dipilih. Mudahmudahan satu atau bulan ini terjadi kesepakatan itu,” tu - tupnya.

Ketua Harian Kadin Sumsel H Affandi Udji menambahkan, pihaknya terus menggaet pela - ku usaha baik lokal, nasional, maupun internasional. ”Kita menawarkan peluang investasi yang ada di Jakabaring, TAA, maupun daerah lain di Sumsel,” katanya. Lebih lanjut dikatakannya, untuk di TAA sudah dijajaki oleh delegasi China tersebut.

”Mere ka (delegasi China) tertarik dengan kawasan TAA ini. Sebab, menurut mereka TAA seperti Kota Shenzen China dahulu. Untuk itu, mereka cukup res - pons, tapi bisnis apa yang akan dilakukan, masih dikaji oleh tim mereka,” pungkas Affandi.

adi haryanto

Berita Lainnya...