Edisi 21-08-2016
Kurir Sabu Ditangkap


BATANG - Jajaran Polres Batang berhasil menangkap seorang kurir narkotika golongan satu jenis sabu kemarin. Pelaku diamankan saat akan bertransaksi di Hotel Arwana Jalan Raya Surodadi Kecamatan Gringsing Batang.

Kapolres Batang AKBP Joko Setiono mengatakan, pelaku diketahui bernama David Agus Bayu alias Tandur, 23, warga Desa Sambongsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Pelaku diamankan saat akan mengirimkan sabu tersebut kepada salah satu pembelinya. “Pelaku sudah lama diintai oleh jajaran kami, dan saat akan bertransaksi di sebuah hotel di Kecamatan Gringsing, pelaku diamankan bersama satu paket sabu,” katanya kemarin.

Pengakuan sementara pelaku hanya seorang kurir. Setelah dilakukan pemeriksaan, pelaku mengaku membeli dari seorang pengedar. “Dari hasil pengembangan, dia ini (David) membeli dari seorang pengedar yang berinisial DM, yang merupakan tetangganya sendiri. Satu paket sabu itu ngakunya Rp1,6 juta. Kami masih kembangkan lagi,” ucapnya.

Pelaku David mengaku membeli bubuk putih itu dari DM yang kini masih diburu petugas. Dia membeli seharga Rp1,6 juta untuk satu paketnya. “Tapi saya cuma kurir dan perantara saja Pak. Semua yang nyuruh dia (DM), termasuk yang mencari pembeli dia (DM),” ujarnya kepada petugas. Selain mengamankan pelaku, juga mengambankan satu paket sabu dalam plastik klip yang dimasukkan bungkus rokok.

Adapun DM hingga kemarin masih dalam pengejaran petugas. Atas perbuatan itu, David akan dikenai dengan UU No 35/2009 tentang Narkotika Pasal 112 ayat (1) dengan ancaman hukuman maksimal penjara 12 tahun dan Pasal 114 ayat (1) dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

prahayuda febrianto

Berita Lainnya...