Edisi 12-10-2016
Bencana Tanah Longsor Terjang Saguling


BANDUNG BARAT – Puluhan rumah warga di sejumlah titik di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), rusak parah akibat tanah longsor yang terjadi pada Senin (10/10).

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian akibat pe ris - ti wa ditaksir mencapai ra tus - an juta rupiah dan sebagian war ga pun terpaksa harus di - eva kuasi ke lokasi aman. Berdasarkan data yang dihimpun KORAN SINDO dari petugas Babhin ka m ti b - mas Polsek Saguling, longsor terjadi di Kampung Cijambe RT 01/10 dan Ciiwur RT 02/ - 10, Desa Cikande; Cikarang RT 02/ 07 dan Cipeuteuy RT 04/ - 05 Desa Saguling’ dan Kam - pung Cipeundeuy RT 01 05/ - 04, RT 02, 03/06, Desa Jati.

Akibat longsor tersebut, selain merusak rumah juga sem pat menutup akses jalan. Se perti yang terjadi di Kam - pung Cijambe, RT 01/10 Desa Ci kande. Akses jalan se pan jang 25 meter sempat tertutup long - soran tanah sebelum p e tu gas Babhinkamtibmas ber sa ma warga membersi h kan nya. Sementara tanah longsor yang terjadi di Kampung Ci - iwur s RT 02/10 Desa Cikande, long soran tanah menimpa ru - mah milik Ondo, 70, dan Eti, 34.

“Tidak ada korban jiwa aki - bat longsor ini namun pemilih ru mah mengalami kerugian sebesar Rp 5 juta,” kata Ka pol - res Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi, kemarin. Ade melanjutkan, longsor te r parah terjadi di Desa Sa gu - ling dan Desa Jati. Seperti di Kam pung Cikarang RT 02/07, Desa Saguling, longsor yang terjadi sekitar pukul 17.00 ini, se lain menutup akses jalan Kam pung Cikarang ke Kam - pung Cibuluh, juga menimpa 4 ru mah warga, yakni milik Ya - ya, 60, Lukman, 35, Fajar, 30, dan Ecih, 55.

Berdasarkan penuturan ke - tua RW setempat Ade, hu jan yang turun dari siang hing ga sore pada Senin (10/10), me - nyebabkan longsor lan tar ant kontur tanah yang tidak men - dukung. Dua orang me nga lami luka akibat tertimpa re - runtuhan rumah. “Korban lu ka yakni Ecih dan Asep Nur din yang saat itu juga langsung dibawa ke Puskesmas,” ujar Ade.

Dia menuturkan, untuk ke rugian yang diakibatkan long sor di Desa Saguling be - lum bisa ditaksir. Sementara 7 kepala keluarga telah di eva - kua si ketempat yang lebih aman. “Petugas Bab hin kam - tib mas saat ini bersama warga ma sih menunggu alat berat un tuk membersihkan long - sor an tanah,” tutur dia. Di desa Saguling, selain di Kam pung Cikarang, longsor juga terjadi di Kampung Ci - peu teuy.

Akibat longsor, akses jalan sepanjang 20 meter di Kam pung tersebut sempat tertutup material tanah se be - lum dibersihkan warga ber sa - ma Babhinkamtibmas. Long - sor juga menimpa salah satu ru mah milik warga. Sementara longsor yang terjadi di Desa Jati terjadi di Kam pung Cipeundeuy.

Aki - bat nya longsor yang terjadi, 5 rumah warga mengalami ker - us a kan cukup parah akibat di - ter jang longsoran tanah dan ter timpa pohon. Rumah ter - se but diantaranya milik Jajat, 32, Nani, 45, dan Judin, 70, war ga RT 01 dan RT 05 RW 04. Dua rumah lainnya milik En - cep, 60, dan Asep, 38, warga RT 02 dan RT 03 RW 06.

Ade mengimbau, kepada warga yang tempat tinggalnya ber dekatan dengan lokasi long sor agar terus waspada. Pi haknya pun akan terus me - la kukan kordinasi dengan Ko - ra mil, BPBD dan Kecamatan. “Tidak ada korban jiwa dalam ke jadian longsor ini, warga di - imbau untuk dievakuasi ke - tem pat yang lebih aman dari lokasi longsor,” terang Ade.

nur azis

Berita Lainnya...