Edisi 12-10-2016
Jabar Bidik 104 Medali Emas


BANDUNG– Tugas berat dihadapi National Paralympic committe Indonesia (NPCI) Jabar menghadapi Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XV/2016. Sebagai tuan rumah multieven olahraga khusus penyandang disabilitas tersebut, Jabar dituntut menjadi juara umum.

Tentu dibutuhkan upaya ekstra keras untuk bisa mewujudkan target jadi juara umum sekaligus mengawinkan gelar juara umum yang telah diraih di PON XIX/2016. Peparnas XV/2016 akan dilaksanakan 15-24 Oktober 2016. “Ini pertama kalinya Jabar jadi tuan rumah Peparnas, tentu kami semua berharap bisa memberikan yang terbaik menuju Jabar Kahiji dan sesukses Kontingen PON Jabar,” ujar Ketua Umum NPCI Jabar Ukun Rukaendi.

Ukun mengatakan, kontingen Jabar akan diperkuat 250 atlet, 50 pelatih dan 50 ofisial dan berlaga di 13 cabang olahraga yang dipertandingkan di Peparnas XV/2016. Di antaranya sepak bola, bola voli duduk, tenis meja, tenis lapangan, goalball, ten pinboling, atletik, bulu tangkis, renang, judo, panahan, catur dan angkat besi.

Saat ini seluruh atlet Jabar sudah memasuki tahap sentralisasi dengan harapan bisa memperoleh 104 medali emas dari total 599 medali emas yang diperebutkan. Jumlah tersebut di atas kertas cukup untuk membawa Jabar meraih juara umum di Peparnas XV/2016. Ukun optimistis, dengan segala persiapan yang telah dihadapi para atletnya mampu merebut gelar juara umum yang telah diraih Jawa Tengah pada Peparnas XIV/2012 di Riau.

“Insya Allah kami menargetkan 104 medali emas, sekaligus mengamankan posisi juara umum,” harapnya. Ukun juga berharap, kepada pemerintah provinsi agar tidak membedakan sarana, prasarana maupun bonus yang nanti diberikan kepada para atlet peraih medali nantinya. “Saya sangat berharap, pemerintah nantinya dapat melihat usaha dan kerja keras kami untuk Jabar Kahiji, dan disamakan seperti para atlet PON,” harapnya.

Secara prestasi, para atlet yang tergabung dalam kontingen Peparnas Jabar tidak kalah dibandingkan atlet-atlet umum sehingga baik langsung maupun tidak langsung, NPCI Jabar telah memberikan kontribusi bagi Jabar dalam percaturan olahraga.

Di antaranya menjadi Juara Umum PORCANAS III/1964 di Surakarta, Juara Umum PORCANAS IV/1969 di Yogyakarta, Juara Umum PORCANAS XI/1998 di Bandung, Juara Umum PORCANAS XII/2004 di Palembang, Juara II PORCANAS XIII/2008 di Kaltim, Juara II PEPARNAS XIV/2012 di Riau.

muhammad ginanjar

Berita Lainnya...