Edisi 12-10-2016
Rehab Puskesmas dan SD Tak Ber-IMB


TASIKMALAYA- Satpol PP dan Dinas Tata Ruang Pemukiman (Distarkim) Pemkab Tasikmalaya menemukan 11 pembangunan rehab gedung puskemas dan 3 bangunan sekolah dasar (SD) tanpa izin mendirikan bangunan (IMB).

Kasi Penindakan Satpol PP Ka - bu paten Tasikmalaya Engkos Kos wara mengatakan, dalam dua hari berturut-turut me ne - mukan 11 pembangunan pus - kes mas dikerjakan tanpa me - ngantongi IMB. Kesebelas pus - kes mas tersebut, yakni Ra ja - polah, Jamanis, Ciawi, Su ka re - sik, Kadipaten, Cikalong, Gu - nungtangjung, Cipatujah, Ka - rang nunggal, Cibalong dan Ban tarkalong.

Sedangkan ba - ngu nan sekolah dasar yang sem pat disidak ternyata belum mengantongi IMB terdapat di wi layah Salopa, Cikatomas dan Pan catengah. “Kami meminta penang - gung jawab proyek tersebut agar segera menyelesaikan IMB dalam waktu cepat. Pro - ses nya pun dipastikan tidak ri - bet. Asalkan persyaratannya leng kap, maka akan segera di pro ses.

Meski begitu pem ba - ngu nan puskesmas dan seko - lah ini tetap dibiarkan berjalan se bagaimana mestinya. Hanya saja satpol PP meminta pe - nang gung jawab pem ba ngu - nan segera mengurus pe ri zi - nan tersebut kepada Pemkab Ta sikmalaya,” jelas Koswara. Padahal, pembangunan ge - dung milik pemerintah daerah se mestinya harus menjadi con - toh positif bagi masyarakat ter - kait ketaatannya dalam pe ngu - ru san perizinan.

Jangan sam - pai prosedur ini di ke sam ping - kan hanya gara-gara me ngang - gap sepele. Kadistarkim Kabupaten Ta - sikmalaya Nana Heryana me - ngungkapkan, telah meny aran - kan kepada puskesmas dan sekolah yang saat ini se dang merenovasi atau mem ba ngun untuk mengurus pe ri zi nan.

Permohonan diajukan se car a berjenjang melalui desa, ke - camatan, dan KPPT. Hal ini pun bisa menjadi contoh cer mi nan yang baik akan ketaatan dari aparatur pemerintahan. Na - mun ternyata tidak se mua nya patuh akan aturan ter se but. “Kami menyarankan ke pa - da dinas kesehatan, sambil mem bangun puskesmas juga mengurus izinnya. Karena se - betulnya untuk bangunan pe - merintah itu tidak ditarik ret - ribusinya,” jelas Nana.

Kewajiban mengantongi IMB sebelum membuat ba ngu - nan sangatlah mutlak di tem - puh. Upaya ini salah satunya un tuk pengontrolan dan men - jaga keselamatan warga di se ki - tarnya. Seharusnya bangunan pe merintah ini menjadi co n - toh dan suri tauladan baik ke - pada masyarakatnya. Pi hak - nya mengaku siap untuk mem - bantu dan mendorong pem ba - ngunan puskesmas dan se ko - lah ini mengantongi IMB.

nanang kuswara

Berita Lainnya...